Bagaimana Menegakkan Gencatan Senjata Israel-Hamas?

Sabtu, 25 November 2023 - 05:05 WIB
loading...
Bagaimana Menegakkan Gencatan Senjata Israel-Hamas?
Gencatan senjata Israel dan Hamas memiliki banyak kontroversi. Foto/Reuters
A A A
GAZA - Jeda tersebut disetujui pada Selasa malam, diumumkan pada hari Rabu dan diperkirakan akan menghentikan perang untuk sementara pada Kamis pagi.

Namun pertempuran tidak berhenti dan malah semakin intensif.

Pengeboman udara terus berlanjut, mendukung pasukan Israel yang berusaha mendekati pusat Kota Gaza sebelum gencatan senjata.

Pejuang Hamas melakukan penyergapan untuk melumpuhkan sebanyak mungkin tank dan pengangkut personel lapis baja sebelum gencatan senjata menghentikan semua aktivitas militer selama 96 jam.

Dua hari terakhir ini mungkin merupakan hari yang paling menegangkan bagi para pejuang di kedua belah pihak sejak awal kampanye darat.

"Sejarawan militer telah banyak menulis tentang kecemasan, stres, ekspektasi, harapan, tekanan mental, dan ketakutan nyata yang dialami tentara pada jam-jam sebelum gencatan senjata atau gencatan senjata," kata Zoran Kusovac, pakar geopolitik dan perang Timur Tengah, dilansir Al Jazeera.

Dalam semua perang, di mana pun dan bagaimana pun peperangan itu terjadi, tidak ada prajurit yang ingin menjadi korban terakhir sebelum senjatanya menjadi sunyi. Saat mereka mendengar berita tentang jeda yang akan segera terjadi, reaksi alami mereka adalah bersantai, meringankan upaya, karena mereka akan segera menghentikan semua aktivitas.



Alih-alih membiarkan hal itu terjadi, para petugas mereka – yang mengikuti perintah dan tekanan dari otoritas sipil masing-masing – malah mendorong mereka untuk melanjutkan operasi satu hari lagi, dua atau tiga hari lagi. Para prajurit, yang juga merupakan komandan satuan, tidak suka harus melakukan hal tersebut, karena mereka mengetahui dampak perintah tersebut terhadap moral pasukan, namun mereka tidak dapat melanggar perintah atasan mereka.

Antisipasi yang menegangkan terhadap Zero Hour ketika mereka akan, setidaknya untuk sementara, meletakkan senjata mereka, hampir pasti merupakan saat yang paling menegangkan dalam karir militer mereka.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1137 seconds (0.1#10.140)