4 Keistimewaan dan Kemuliaan Nabi Adam Menurut Ibnu Katsir

Sabtu, 25 November 2023 - 09:17 WIB
loading...
4 Keistimewaan dan Kemuliaan Nabi Adam Menurut Ibnu Katsir
Engkau Adam, ayah manusia, Allah menciptakanmu dengan tangan-Nya, meniupkan roh ciptaan-Nya padamu, memerintahkan para malaikat sujud padamu, dan mengajarkan nama segala sesuatu padamu. Ilustrasi: Ist
A A A
Allah SWT berfirman: “Dan (ingatlah) ketika Kami berfirman kepada para malaikat, 'Sujudlah kamu kepada Adam!" Maka mereka pun sujud kecuali Iblis. Ia menolak dan menyombongkan diri.”

Ibnu Katsir dalam bukunya berjudul " Kisah Para Nabi " menjelaskan ini merupakan penghormatan besar dari Allah untuk Adam ketika menciptakannya dengan tangan-Nya dan meniupkan ruh ciptaan-Nya pada Adam , seperti yang Allah sampaikan dalam ayat berbeda: “Maka apabila Aku telah menyempurnakan (kejadiannya, dan Aku telah meniupkan roh (ciptaan)-Ku ke dalamnya, maka tundukiah kamu kepadanya dengan bersujud.” ( QS Al-Hijr : 29).

Menurut Ibnu Katsir, Allah memberikan empat kemuliaan kepada Adam: menciptakannya dengan tangan-Nya secara langsung, meniupkan sebagian roh ciptaanNya pada Adam, memerintahkan para malaikat sujud padanya, dan mengajarkan nama segala benda padanya.



Itulah kenapa Musa Kalimullah berkata kepada Adam saat keduanya terlibat perdebatan di kalangan para malaikat, “Engkau Adam, ayah manusia, Allah menciptakanmu dengan tangan-Nya, meniupkan roh ciptaan-Nya padamu, memerintahkan para malaikat sujud padamu, dan mengajarkan nama segala sesuatu padamu.” Seperti itulah yang diucapkan manusia saat berada di padang Mahsyar pada hari kiamat.

Di dalam ayat yang lain, Allah SWT berfirman, “Dan sungguh, Kami telah menciptakan kamu, kemudian membentuk (tubuh)mu, kemudian Kami berfirman kepada para malaikat, 'Bersujudlah kamu kepada Adam,' maka mereka pun sujud kecuali Iblis. Ia (Iblis) tidak termasuk mereka yang bersujud. (Allah) berfirman, “Apakah yang menghalangimu (sehingga) kamu tidak bersujud (kepada Adam) ketika Aku menyuruhmu? (Iblis) menjawab, “Aku lebih baik daripada dia. Engkau ciptakan aku dari api, sedangkan dia Engkau ciptakan dari tanah.” ( QS Al-A'raf : 11).

(mhy)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1618 seconds (0.1#10.140)