Indonesia Sukses Jadi Tuan Rumah Aquabike Jetski World Championship 2023

Senin, 27 November 2023 - 17:05 WIB
loading...
Indonesia Sukses Jadi Tuan Rumah Aquabike Jetski World Championship 2023
Indonesia Sukses Jadi Tuan Rumah Aquabike Jetski World Championship 2023
A A A
BALIGE - Indonesia sukses menjadi penyelenggara Aquabike Jetski World Championship 2023 . Ajang ini telah dihelat pada 22 – 26 November 2023 di empat kabupaten yang mengelilingi Danau Toba, yaitu Karo, Dairi, Samosir, dan Toba. Event yang dikemas dengan Pesta Rakyat Danau Toba ini berhasil menyedot lebih dari 200.000 pengunjung.

Keberhasilan ini juga diakui oleh Founder H20 Racing Management, Nicolo Di San Germano yang menyebut bahwa Danau Toba merupakan venue terbaik di dunia sebagai lokasi balapan jetski. Hal ini diungkapkan oleh Nicolo disela-sela Konferensi Pers di Balige, Sumatera pada Sabtu (25/11). "Ada banyak alasan kenapa Danau Toba menjadi venue di ajang ini, diantaranya karena kemegahan, kecantikan, serta keindahan Danau Toba yang layak dikenal lebih banyak masyarakat dunia," ungkap Nicolo.



Nicolo yang sudah 42 tahun menggeluti industri water sport ini mengakui bahwa InJourney merupakan penyelenggara terbaik dalam kejuaraan Aquabike. "Sebagai perusahaan penyelenggara, InJourney bisa memberikan input kepada kami untuk menggelar dan mengelola event race ini," tambahnya.
Indonesia Sukses Jadi Tuan Rumah Aquabike Jetski World Championship 2023

Pada kesempatan yang sama, Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sandiaga Uno, menuturkan bahwa Indonesia telah berhasil menorehkan sejarah, di mana Danau Toba pertama kalinya menjadi tuan rumah ajang Jetski internasional yang melibatkan 118 pembalap. Keberhasilan ini tentunya tidak terlepas dari kolaborasi yang apik dari para stakeholder yang terlibat.

"Terima kasih Polri, TNI, Basarnas, InJourney, Kemenkomarves, Kemenkominfo, Kemenpora dan termasuk teman-teman dari stakeholder pariwisata. Saya ucapkan selamat karena prestasi ini membuat Danau Toba sebagai Destinasi Pariwisata Super Prioritas akan semakin dikenal oleh dunia," tuturnya.

Sandiaga menegaskan optimismenya dengan event ini banyak hotel-hotel terisi, produk- produk UMKM laris terjual, dan memberikan dampak ekonomi yang luar biasa bagi masyarakat bukan hanya kawasan Kabupaten Toba, tapi juga di Dairi, Karo, dan Samosir. "Seluruh daerah yang terlibat dapat merasakan manfaatnya tak hanya dari pariwisata, tetapi juga ekonomi kreatifnya," ungkapnya.

Menteri Pemuda dan Olahraga, Dito Ariotedjo, mengatakan bahwa kejuaraan Aquabike Jetski World Championship ini bisa menjadi peluang bagi Indonesia untuk mengembangkan atlet jetski nasional. "Dampak dari ajang ini ialah meningkatkan industri olahraga air, khususnya Jetski, serta pembinaan untuk para atlet ke depan," kata Dito.

Optimisme juga diungkapkan oleh Pj Gubernur Sumatra Utara, Hassanudin. Ia mengatakan, balapan jetski kelas dunia ini membuka pintu bagi Sumatra Utara untuk mengembangkan kegiatan ekonomi kreatif. “Kami bersyukur serta berbangga karena Sumatra Utara masih diberikan kesempatan sebagai tuan rumah Aquabike Jetski World Championship 2023 di Danau Toba. Tentunya dengan kolaborasi yang baik kita berhasil menyelenggarakan event pertama kali ini beserta side event di masing-masing kabupaten terkait,” imbuhnya.
Indonesia Sukses Jadi Tuan Rumah Aquabike Jetski World Championship 2023

Direktur Pemasaran dan Program Pariwisata PT Aviasi Pariwisata Indonesia (Persero) atau InJourney sebagai Holding BUMN Pariwisata dan Pendukungnya, Maya Watono, mengungkapkan rasa bangganya dapat diberi kesempatan dan dipercaya sebagai BUMN penyelenggara ajang ini.

"Penyelenggaraan sebuah event merupakan suatu katalis dari pengembangan sebuah destinasi yang harus terus didukung untuk jangka panjang, lima hingga sepuluh tahun ke depan. Jika berkaca pada penyelenggaraan F1Powerboat 2023 lalu, dampak ekonominya mencapai Rp 1,7 triliun. Tentunya kita harapkan dampak ekonomi terhadap Indonesia, khususnya Sumatra Utara, terlebih lagi kawasan Danau Toba bisa mencapai lebih dari Rp 1,7 triliun karena ajang ini dilaksanakan selama 5 hari di 4 kabupaten dan setiap harinya bisa mencapai puluhan ribu penonton," ujar Maya.

Aquabike Jetski World Championship Danau Toba resmi berakhir dengan pemenang sebagai berikut:

Circuit World Championship 2023

1. Kategori Freestyle: Roberto Mariani (Italia)
2. Kategori Ski Division: Mickael Poret (Prancis)
3. Kategori Ski Ladies: Jessica Chavanne (Prancis)
4. Kategori Runabout: Francois Medori (Prancis)

Grand Prix of Lake Toba 2023

1. Kategori Freestyle: Roberto Mariani (Italia)
2. Kategori Ski Division: Morgan Poret (Prancis) 3. Kategori Ski Ladies: Jessica Chavanne (Prancis)
4. Kategori Runabout: Jeremy Perez (Prancis)

Aquabike Jetski World Championship di Danau Toba berhasil mencatat berbagai rekor. Indonesia sebagai tuan rumah mendapatkan berbagai apresiasi atas kesuksesannya menyelenggarakan event olahraga berskala internasional ini. Setelah Indonesia, Vietnam akan menjadi tuan rumah berikutnya untuk kejuaraan Aquabike Jetski World Championshop pada Maret 2024.
(sto)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2080 seconds (0.1#10.140)