David Silva, Mesin Pemberi Umpan City

Jum'at, 01 Desember 2017 - 16:01 WIB
David Silva, Mesin Pemberi Umpan City
David Silva, Mesin Pemberi Umpan City
A A A
MANCHESTER - Tak bisa dipungkiri jika penggemar sepak bola lebih tertarik untuk membicarakan sosok pencetak gol dalam sebuah pertandingan, karena dinilai memiliki peran penting dalam mengantarkan kemenangan klubnya. Namun fans tidak bisa melupakan begitu saja sosok pemberi umpan (assist) dalam proses terjadinya gol.

Tapi hal ini tidak berlaku untuk David Silva. Pemain sayap Manchester City ini ternyata masih dibutuhkan sebagai mesin pemberi umpan klubnya di musim ini. Buktinya, kesebelasan yang dikenal dengan julukan The Citizens itu akhirnya mencapai kesepakatan dengan sang pemain untuk mempertahankannya hingga 2020 mendatang.

Silva sejauh ini dikenal sebagai raja assist City di Liga Inggris. Statistik yang dicatat dari Optajoe menyebut jika pemain berusia 31 tahun itu telah mencetak 72 umpan sejak bergabung dengan klub pada 2010 lalu.

Silva berhasil meruntuhkan rekor sejumlah pemain yang masih aktif seperti Wayne Rooney dan Cesc Fabregas (51 assist) serta Mesut Oezil memiliki (47) sejak bergabung dengan The Gunners pada 2013. Sehingga tak salah jika Direktur sepak bola City, Txiki Begiristain menyebut Silva sebagai gelandang kreatif terbaik di sepak bola Inggris dan angka yang dihasilkan oleh pemain berusia 31 tahun sepanjang dekade ini tentu menambah bobot klaim tersebut.

Silva tidak hanya pandai menjadi kreator di lapangan hijau. Tapi setiap pendapat yang keluar dari mulutnya selalu menjadi bahan pertimbangan Pep Guardiola. "Saya menaruh banyak perhatian pada bagaimana reaksi pemain pada saat-saat buruk, selama pertandingan dan dalam situasi buruk," ungkap pelatih City seperti dikutip dari Tribal Football, Jumat (1/12/2017).

"David selalu ada, saya tidak berbicara tentang dia bermain bagus atau buruk, tapi dia selalu ada dan itu sangat penting bagi klub. Klub ini membutuhkan pemain yang telah bermain di sini untuk waktu yang lama. Hal ini untuk membantu pemain seperti Phil Foden di masa depan," tambah Guardiola.
(bbk)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.9452 seconds (0.1#10.140)