5 Tujuan KTT Iklim atau COP28 di Dubai

Kamis, 30 November 2023 - 06:06 WIB
loading...
5 Tujuan KTT Iklim atau COP28 di Dubai
COP28 di Dubai digalar di tengah ketidakmampuan negara maju menunjukkan komitmennya terhadap perubahan iklim. Foto/Reuters
A A A
GAZA - Para pemimpin dunia, perwakilan pemerintah, dan delegasi akan berkumpul pada pertemuan puncak tahunan perubahan iklim PBB, yang dikenal sebagai Konferensi Para Pihak atau COP28, di Dubai, Uni Emirat Arab (UEA).

Pengendalian bahan bakar fosil dan emisi karbon diharapkan menjadi agenda utama pertemuan puncak yang berlangsung selama 13 hari (30 November hingga 12 Desember). Pendanaan internasional untuk membantu negara-negara beradaptasi terhadap perubahan iklim juga akan menjadi perdebatan hangat karena negara-negara berkembang menuntut lebih banyak kontribusi dari negara-negara industri.

Dana kerugian dan kerusakan yang ambisius yang disetujui tahun lalu untuk mendukung negara-negara miskin dalam membantu mengelola dampak negatif perubahan iklim masih belum dilaksanakan. Para pemimpin dunia menyetujui dana tersebut setelah COP27 tahun lalu, namun mereka gagal mencapai konsensus mengenai pertanyaan yang paling penting – negara mana yang akan membayar dana tersebut dan berapa besarnya.

Negara-negara juga akan menghadapi tinjauan pertama mengenai kemajuan mereka menuju Perjanjian Paris, sebuah perjanjian internasional penting mengenai pembatasan emisi karbon yang ditandatangani pada COP21, hampir delapan tahun lalu.

Meskipun UEA adalah negara Timur Tengah pertama yang meratifikasi perjanjian tersebut, masyarakat sangat berbeda pendapat mengenai tuan rumah pertemuan puncak tersebut di negara yang disebut-sebut sebagai bagian dari masalah ketergantungan terhadap bahan bakar fosil, yang menyumbang lebih dari 75 persen kebutuhan global. emisi gas rumah kaca. Beberapa pihak kini juga mengkritik dimasukkannya perwakilan yang terkait dengan minyak dan gas dalam pertemuan puncak tersebut.

Ketika perdebatan seputar COP28 dan dampaknya terus berlanjut, berikut hal-hal yang perlu diketahui tentang konferensi tahun ini dan apa yang membuatnya penting.

Berikut adalah 5 tujuan utama COP28 di Dubai.

1. Mencari Titik Temu

5 Tujuan KTT Iklim atau COP28 di Dubai

Foto/Reuters

COP adalah badan pengambil keputusan utama dalam Konvensi Kerangka Kerja PBB tentang Perubahan Iklim (UNFCCC), yang didirikan pada tahun 1992.

Perwakilan dari 197 negara yang telah menandatangani atau menjadi “pihak” UNFCCC akan berpartisipasi terutama melalui perdebatan dan negosiasi.

COP28 akan dimulai pada 30 November dan berlangsung selama hampir dua minggu, sedangkan jadwal pasti untuk setiap hari akan dipublikasikan pada malam sebelumnya. Pra-sesi konferensi dimulai pada 24 November.

Konferensi ini akan diadakan di Expo City di Dubai, UEA.

2. Mengatasi Dampak Perubahan Iklim

5 Tujuan KTT Iklim atau COP28 di Dubai

Foto/Reuters
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.3133 seconds (0.1#10.140)