Apa Itu Emir Qatar ? Ternyata Ini Artinya

Kamis, 30 November 2023 - 10:25 WIB
loading...
Apa Itu Emir Qatar ? Ternyata Ini Artinya
Emir Qatar Sheikh Tamim bin Hamad Al Thani. Foto/Fox News
A A A
JAKARTA - Emir Qatar yang berkuasa saat ini yakni Tamim bin Hamad al-Tsani telah beberapa kali memberikan dukungan pada Palestina selama peperangan antara Israel dan Hamas.

Bahkan sempat beberapa kali Emir Qatar ini memberikan kecaman pada Israel jika bertindak di luar kendali.

Misalnya saja pada pertengahan Oktober 2023 lalu ketika al-Tsani mendesak komunitas internasional untuk tidak memberi Israel izin tak terbatas untuk membunuh warga Palestina dalam perjuangan melawan Hamas menurut laporan Reuters.

Kemudian, ketika Hamas dan Israel melakukan gencatan senjata, Qatar juga bertugas sebagai mediator. Hal tersebut tentunya tak lepas dari peran Emir Qatar yang tengah berkuasa ini.

Penjelasan Emir Qatar

Lantas apa itu Emir Qatar, dan apa perannya di salah satu negara tersebut ? Sebenarnya Emir di Qatar sama halnya seperti kedudukan seorang Raja atau Perdana Menteri di pemerintahan.

Emir terkadang di literasikan sebagai amir, amier, atau ameer, adalah kata yang berasal dari bahasa Arab yang dapat merujuk pada raja, bangsawan, pemegang jabatan tinggi militer atau politik, atau orang lain yang memiliki otoritas aktual atau seremonial.

Gelar ini memiliki sejarah panjang penggunaan di dunia Arab, Afrika Timur, Afrika Barat, Asia Tengah, dan anak benua India.

Di era modern, ketika digunakan sebagai gelar monarki formal, gelar ini secara kasar identik dengan "pangeran", yang berlaku untuk putra raja yang turun-temurun, dan raja yang berkuasa di kerajaan yang berdaulat.

Dalam penggunaan kontemporer, "emir" juga terkadang digunakan sebagai gelar kehormatan atau formal untuk pimpinan organisasi atau gerakan Islam, atau Arab.

Qatar dan Kuwait adalah dua negara merdeka yang mempertahankan gelar "emir" untuk rajanya.

Emir di Qatar sendiri dianggap sebagai raja dan kepala negara. Tidak hanya itu, Emir juga merupakan panglima angkatan bersenjata dan penjamin konstitusi.

Bisa dibilang jika Emir memegang peran yang sangat penting di Qatar sebab merupakan pemegang posisi paling tinggi di negaranya dan punya peran penting dalam hubungan luar negeri.

Para Emir di Qatar ini berasal dari Wangsa Al Thani, yang berasal dari Banu Tamim, salah satu suku terbesar di Jazirah Arab.
(ian)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1287 seconds (0.1#10.140)