Putri Handayani, Pendaki Perempuan Indonesia Pertama yang Tatap Gelar The Explorer's Grand Slam

Kamis, 30 November 2023 - 19:45 WIB
loading...
Putri Handayani, Pendaki Perempuan Indonesia Pertama yang Tatap Gelar The Explorers Grand Slam
Putri Handayani (tengah) pendaki perempuan Indonesia pertama yang tatap gelar The Explorers Grand Slam. Foto: Istimewa
A A A
JAKARTA - Pendaki asal Serdang Bedagai, Sumatera Utara, Putri Handayani akan bertolak ke Antartika untuk mendaki Gunung Vinson serta menjelajahi Kutub Selatan, Desember 2023. Dia membidik predikat perempuan Indonesia pertama -sekaligus di ASEAN- yang bisa meraih gelar The Explorer's Grand Slam.

Mendapatkan gelar The Explorer"s Grand Slam bukanlah perkara mudah. Sebab, Putri Handayani harus menuntaskan pendakian tujuh gunung tertinggi di tujuh benua serta menjelajah ke Kutub Utara dan Kutub Selatan.

Jika berhasil mendaki Gunung Vinson setinggi 4.892 mdpl dan menjelajah ke Kutub Selatan, Putri Handayani akan memenang rekor fantastis. Sebab, ia akan menjadi wanita Indonesia dan ASEAN pertama yang meraih gelar The Explorer’s Grand Slam.



Sejauh ini sudah ada 11 pendaki Indonesia yang sudah mencapai puncak Gunung Vinson. Namun, jika berhasil menyelesaikan penjelajahan di Kutub Selatan, dia akan menjadi orang Indonesia pertama sekaligus perempuan pertama yang melengkapi The Explorer's Grand Slam.

"Akan ada dua ekspedisi ke Gunung Vinson, gunung paling tinggi di benua Antartika dan titik paling selatan bumi, yaitu Kutub Selatan. Setau saya ada 11 pendaki Indonesia yang sudah mencapai summit Gunung Vinson, kalau (menjelajah) Kutub Selatan belum ada orang Indonesia, jadi mudah-mudahan insya Allah kalau fisiknya kuat sampai ke sana dan menceritakan ke teman-teman hingga anak-anak yang ada di Indonesia," kata Putri Handayani kepada wartawan di Jakarta, Kamis (30/11/2023).
Putri Handayani, Pendaki Perempuan Indonesia Pertama yang Tatap Gelar The Explorer's Grand Slam

Putri Handayani percaya tidak ada yang tidak mungkin untuk dilakukan bagi perempuan Indonesia. Menurutnya keyakinan serta kemampuan akan membuat semua perempuan Indonesia bisa lakukan.

"Tidak ada kata tidak mungkin bagi perempuan Indonesia. Jika yakin sudah mempunyai skill dan tekad yang bulat, perempuan bisa bekerja, bertualang dan berbakti di segala bidang. Dan itu diperlukan semangat dan konsistensi yang tinggi dari setiap individu," sambungnya.

Sebelum mendaki ke Gunung Vinson, Putri Handayani sudah mendaki lima gunung tertinggi di dunia. Diantaranya Gunung Kilimanjaro (tertinggi di benua Afrika), Carstensz Pyramid (tertinggi di benua Australia dan Oseania), Elbrus (tertinggi di Benua Eropa), Aconcagua (tertinggi di benua Amerika Selatan) serta Denali (tertinggi di Benua Amerika Utara).

Rencananya, setelah mendaki Gunung Vinson dan penjelajahan di Kutub Selatan, Putri Handayani akan mendaki Everest yang merupakan puncak tertinggi di dunia, dan melakukan penjelajahan ke Kutub Utara pada 2024.
(sto)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2406 seconds (0.1#10.140)