Real Madrid-Barcelona Merek Dagang Paling Populer di Dunia

Sabtu, 08 Agustus 2020 - 04:01 WIB
loading...
Real Madrid-Barcelona Merek Dagang Paling Populer di Dunia
Real Madrid-Barcelona Merek Dagang Paling Populer di Dunia. Foto: IST
A A A
MADRID - Dua klub LaLiga tersebut memimpin peringkat Brand Finance, di mana Real Madrid menempati peringkat satu, dan Barca mengungguli Manchester United di peringkat dua.

Dua klub paling berharga di dunia sepak bola bermain di LaLiga, menurut laporan Brand Finance Football 2020. Untuk tahun kedua berturut-turut, Real Madrid memimpin sebagai merek klub sepak bola bernilai paling tinggi di dunia, diikuti oleh FC Barcelona, yang berhasil menggusur Manchester United di peringkat dua dalam peringkat tahun ini. (Lihat Grafis: Waspada Berolahraga di Tengah Wabah )

Menurut penelitian dari firma konsultan bergengsi, Brand Finance, merek Real Madrid bernilai 1,419 miliar euro, dengan FC Barcelona hanya terpaut 6 juta euro dibelakangnya dengan 1,413 miliar euro. Kemudian ada perbedaan yang cukup besar dengan tim lainnya di lima besar, dengan Manchester United yang berada di urutan ketiga dengan 1,315 miliar euro, Liverpool yang berada di urutan keempat dengan 1,262 miliar euro, dan Manchester City yang berada di urutan kelima dengan 1,124 miliar euro.

Selain menghitung nilai merek, laporan Brand Finance juga menilai kekuatan merek dengan mengaitkan masing-masing klub sepakbola dengan skor “Indeks Kekuatan Merek” dalam skala 100 poin berdasarkan metrik seperti investasi pemasaran, ekuitas pemangku kepentingan, dan kinerja bisnis. Real Madrid juga memimpin peringkat ini dengan skor 94,9, sementara FC Barcelona kembali berada di posisi kedua dengan skor 93,6.

Seperti Teresa de Lemus, direktur pelaksana Brand Finance Spanyol, katakan dalam laporan setebal 150 halaman: “Ada dua merek Spanyol dari dunia sepak bola yang benar-benar membuat merek Spanyol secara keseluruhan bersinar, dan mereka adalah Real Madrid dan FC Barcelona, keduanya paling berharga dan dua merek terkuat di sektor mereka di tingkat global. Tidak ada keraguan bahwa olahraga Spanyol adalah hal lain yang bisa dibanggakan oleh orang Spanyol.”

Bukan hanya Real Madrid dan FC Barcelona yang mewakili Spanyol dan LaLiga di 50 peringkat teratas Brand Finance untuk nilai merek. Secara total, delapan klub LaLiga Santander berhasil masuk dalam daftar ini, yakni Atlético Madrid (13), Sevilla FC (32), Valencia CF (36), Athletic Club (40), Villarreal CF (44) dan Real Betis (50). Delapan klub LaLiga di 50 besar merupakan 20% dari nilai total sektor ini, dengan gabungan 3,938 miliar euro.

Dengan perkecualian Real Madrid, yang tetap berada di puncak, setiap klub LaLiga pada 50 peringkat teratas 2020 telah meningkat dibandingkan dengan posisi 2019 mereka, mencerminkan pertumbuhan yang cepat dan terus-menerus dari merek LaLiga di seluruh dunia. (Baca Juga: Simeone Akan Cadangkan Tiga Pemain Bernilai Rp4,4 Triliun)

Upaya LaLiga untuk bekerja dengan klub-klubnya dalam digitalisasi mereka dan pertumbuhan internasional jelas telah membantu meningkatkan merek klub. Faktanya, peringkat rata-rata 2020 Brand Strength Index dari klub Spanyol (79.0/100) lebih tinggi daripada negara lain, termasuk Prancis (75.1), Inggris (74.9), Italia (74.1) dan Jerman (73.2).
(bbk)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1980 seconds (0.1#10.140)