Orasi Ilmiah di Wisuda UBK 2023, Mahfud MD Singgung Soal Penegakan Hukum yang Buruk

Jum'at, 01 Desember 2023 - 14:56 WIB
loading...
Orasi Ilmiah di Wisuda UBK 2023, Mahfud MD Singgung Soal Penegakan Hukum yang Buruk
Menko Polhukam yang juga cawapres Mahfud MD menyinggung soal penegakan hukum di Indonesia yang masih mengecewakan. Foto/SINDOnews
A A A
JAKARTA - Menteri Koordinator Politik, Hukum, dan Keamanan (Menko Polhukam) yang juga cawapres Mahfud MD menyampaikan pekerjaan rumah Indonesia adalah bagaimana memastikan seluruh masyarakat tidak hanya taat pada hukum, tapi taat pada norma yang ada.

Hal itu disampaikan Mahfud saat menghadiri acara Dies Natalis ke-24 dan Wisudawan Program Sarjana ke-21 serta Pasca Sarjana ke-5 Universitas Bung Karno (UBK) di JIExpo Kemayoran, Jakarta Pusat pada Kamis, 30 November 2023.

"Kita punya hukum tetapi hukum kita sangat mengecewakan, masih terjadi ketidakadilan di mana-mana. Penegak hukum juga ditandai oleh berbagai transaksi, jual beli kasus, jual beli vonis,” ujarnya, Jumat (1/12/2023).



Hadir dalam acara tersebut anggota DPR Ahmad Basara, keluarga mendiang presiden Soekarno yaitu Sukmawati Soekarno Putri, Guruh Soekarno Putra, dan anak dari pahlawan proklamator Bung Hatta yaitu Mutia Hatta, perwakilan LLDIKTI Wilayah III, Toni Toharudin serta pimpinan Yayasan Pendidikan Soekarno Romy H.R. Soekarno dan M. Maheandra Putra.

Rusaknya hukum di Indonesia ini, kata Mahfud, karena banyak orang yang hanya takut dan tunduk pada pasal-pasal yang ada, namun mengabaikan norma dari hukum tersebut, baik norma etika maupun norma moralitas.



Dalam pelaksanaan wisudawan Mahfud MD yang di dampingi Ketua umum Yayayan Maheandra dan Rektor UBK Didik Suhariyanto memberikan penghargaan beasiswa dan lainnya kepada sejumlah lulusan terbaik.

Sementara itu, Rektor UBK Didik Suhariyanto yang mengawali acara tersebut mengatakan tantangan dunia pendidikan adalah menjadikan generasi yang unggul, kreatif, inovatif dan adaptif serta menyiapkan untuk bisa menghadapi dunia digital dan berbagai bentuk perubahan zaman.

"Seiring dengan dengan kemajuan teknologi dan kemudahan akses informasi di era digital dan globalisasi, UBK di samping memberikan bekal ilmu juga membekali dasar karakter Pancasila yang kuat agar mempunyai etika profesi yang berlandaskan Pancasila" kata Didik Suhariyanto.

(cip)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.3324 seconds (0.1#10.140)