Sah, Komisi X DPR RI Setujui Naturalisasi Jay Idzes dan Nathan Tjoe-A-On

Senin, 04 Desember 2023 - 15:18 WIB
loading...
Sah, Komisi X DPR RI Setujui Naturalisasi Jay Idzes dan Nathan Tjoe-A-On
Komisi X DPR RI menyetujui naturalisasi Jay Idzes dan Nathan Tjoe-A-On. Ini diumumkan dalam Rapat Kerja Komisi X / Foto: MPI
A A A
Komisi X DPR RI menyetujui naturalisasi Jay Idzes dan Nathan Tjoe-A-On. Ini diumumkan dalam Rapat Kerja Komisi X.

"Komisi X DPR RI menyetujui rekomendasi kewarganegaraan RI atas nama Jay Noah Idzes dan Nathan Noel Romejo Tjoe-A-On. Dengan catatan bahwa penetapan kewarganegaraan RI ditetapkan oleh instansi yang berwenang berdasarkan ketentuan peraturan perundang-undangan," kata pimpinan sidang, Hetifah Sjaifudian, Senin (4/12/2023).

Namun kedua pemain tersebut tidak bisa hadir lantaran masih berkegiatan dengan klub masing-masing. Namun rapat tersebut tetap berjalan lancar. Atas berbagai pertimbangan, Komisi X DPR RI tetap menyetujui permohonan kewarganegaraan RI Idzes dan Nathan.



"Telah membicarakam surat masuk dari Presiden RI Joko Widodo dengan nomor R60/Pre/11/2023 atas nama pemberian kewarganegaraan RI atas nama Jay Noay Idzes dan perihal permohonan pertimbangan kewarganagaan Nathan Noel Romejo Tjoe-A-On," kata Hetifah dalam rapat itu

"Menyetujui permohonan pertimbangan atas nama yang sudah disebut di atas tadi, atas dasar suarat tersebu, Komisi X akan membahasnya dengan Menpora dalam Raker hari ini," lanjutnya lagi.

Sekretaris Jenderal (Sekjen) PSSI, Yunus Nusi kemudian ditanya mengenai urgensi naturalisasi dua pemain keturunan tersebut. Dia menegaskan bahwa naturalisasi merupakan bagian dari visi PSSI untuk penguatan Timnas Indonesia untuk Piala Asia 2023 dan Piala Dunia 2026.



"Bahwa visi PSSI menjadikan Timnas yang disegani dan berprestasi di level Asia bahkan dunia, inilah berharap bahwa Timnas kita ada pada kualitas dan skill yang mumpuni, dan dalam rangka persiapan Piala Dunia 2026, PSSI sangat berharap mendapat prestasi di beberapa event yang akan datang," tutur Yunus.

"Maka Shin Tae-yong memberi relomendasi kepada PSSI bahwa skuad Timnas yang saat ini dihuni pemain lokal.belum siap untuk level Asia sekalipun, bahkan level dunia, maka landasannya bahwa pemain memiliki keturunan Indonesia baik orang tuanya atau kakeknya," imbuhnya.
(yov)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1255 seconds (0.1#10.140)