Polisi Fasilitasi Pemulangan Ratusan Mahasiswa Peserta Kongres HMI dari Pelabuhan Tanjung Priok

Selasa, 05 Desember 2023 - 01:25 WIB
loading...
Polisi Fasilitasi Pemulangan Ratusan Mahasiswa Peserta Kongres HMI dari Pelabuhan Tanjung Priok
Polres Pelabuhan Tanjung Priok memfasilitasi pemulangan ratusan mahasiswa rombongan HMI dari Sulawesi Tenggara yang mengikuti Kongres di Kubu Raya, Kalimantan Barat, Senin (4/12/2023). Foto: SINDOnews/Dok.
A A A
JAKARTA - Polres Pelabuhan Tanjung Priok memfasilitasi pemulangan ratusan mahasiswa rombongan Himpunan Mahasiswa Islam ( HMI ) dari Sulawesi Tenggara yang mengikuti Kongres di Kubu Raya, Kalimantan Barat. Pemulangan ratusan mahasiswa itu dipimpin langsung Kapolres Pelabuhan Tanjung Priok AKBP Ferikson Tampubolon bersama Wakapolres Kompol Robby Hefados.

Rombongan HMI dari Sulawesi Tenggara yang berjumlah 209 orang itu awalnya hendak kembali ke daerahnya setelah mengikuti Kongres HMI XXXII/Munas KOHATI XXV di Kubu Raya, Kalimantan Barat. Namun mereka terpaksa harus menunda kepulangannya setelah tiba di Pelabuhan Tanjung Priok.

Hal ini terjadi karena KM Umsini yang sedianya berangkat dari Pelabuhan Tanjung Priok pada Sabtu 2 Desember 2023 dengan tujuan Makasar, mengalami kerusakan pada salah satu mesin.

Rombongan HMI asal Sulawesi Tenggara berangkat dari Pelabuhan Dwi Kora Pontianak Kalimantan Barat pada 30 November 2023 pukul 02.00 WIB menggunakan KM Lawit dan turun di Pelabuhan Tanjung Priok pada Jumat 1 Desember 2023. Mereka awalnya akan langsung melanjutkan perjalanan menuju Makasar dan Bau-Bau menggunakan KM UMSINI.

Seluruh calon penumpang KM Umsini tujuan Surabaya, Makasar, dan Bau-Bau dialihkan dengan menggunakan KM Dobonsolo sesuai jadwal keberangkatan pada Senin (4/12/2023).

Selama menunggu di Jakarta, rombongan HMI di fasilitasi oleh Polres Pelabuhan Tanjung Priok yang didukung oleh PT Pelindo (Persero) dengan menyediakan akomodasi dan penginapan di Wisma Atlet Kemayoran, serta PT Pelni (Persero) membantu memberikan potongan harga tiket sebesar 20 persen.

Selama rangkaian kegiatan kepulangan rombongan HMI asal Sulawesi Tenggara mendapat pengamanan dari Polres Pelabuhan Tanjung Priok yang dipimpin langsung oleh Kapolres Pelabuhan Tanjung Priok AKBP Ferikson Tampubolon, bersama Wakapolres Kompol Robby Hefados. Dalam kegiatan tersebut turut hadir Kabid Pengawas dan Penindakan (P2) KSOP Tanjung Priok Capt Yoshua P S I. Antonie, serta Kepala Cabang PT Pelni (Persero) Anwar Sanusi.

"Kami selalu berupaya memberikan dukungan dan pelayanan terbaik kepada masyarakat, semoga perjalanan teman-teman dari HMI berjalan lancar dan selamat sampai tujuan," kata Kapolres.

Secara bergiliran rombongan HMI naik ke KM Dobonsolo. Dari data awal jumlah mahasiswa HMI sebanyak 209 orang tiba di Jakarta, kemudian hasil pengecekan ulang terhadap rombongan HMI yang akan berangkat ke Sulawesi Tenggara sebanyak 197 orang dan 12 orang telah berangkat lebih dahulu menggunakan pesawat pada Sabtu (2/12/2023).
(thm)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1629 seconds (0.1#10.140)