Ukraina Sadar Akan Kalah Perang Tanpa Bantuan Militer dari AS

Rabu, 06 Desember 2023 - 02:40 WIB
loading...
Ukraina Sadar Akan Kalah Perang Tanpa Bantuan Militer dari AS
Ukraina sudah menyadari akan kalah perang melawan Rusia. Foto/Reuters
A A A
MOSKOW - Kepala staf Presiden Ukraina Volodymyr Zelenskiy mengatakan bahwa penundaan bantuan AS untuk Kyiv yang dibahas di Kongres akan menciptakan "risiko besar" Ukraina kalah perang dengan Rusia.

Pernyataan Andriy Yermak merupakan pernyataan paling jujur yang disampaikan oleh seorang pejabat senior Kyiv di tengah ketidakpastian mengenai masa depan paket bantuan penting AS dan Uni Eropa seiring dengan berlanjutnya perang antara Ukraina dan Rusia.

"Jika bantuan ditunda, ini memberikan risiko besar bahwa kita akan berada pada posisi yang sama seperti saat ini,” katanya, dilansir Reuters.

“Dan tentu saja, hal ini membuat kemungkinan yang sangat besar ini menjadi tidak mungkin untuk terus-menerus membebaskan dan memberikan risiko besar untuk kalah dalam perang ini.”

Pada hari Senin, para pejabat Gedung Putih mengatakan AS kehabisan waktu dan uang untuk membantu Ukraina berperang melawan Rusia.



Pemerintahan Presiden Joe Biden meminta Kongres pada bulan Oktober untuk memberikan hampir $106 miliar untuk mendanai rencana ambisius bagi Ukraina, Israel, dan keamanan perbatasan AS, tetapi Partai Republik yang menguasai DPR dengan mayoritas tipis menolak paket tersebut.

Para pejabat AS berharap mereka masih bisa mendapatkan persetujuan paket yang signifikan.

Yermak menyebut ancaman tidak adanya lagi dukungan anggaran langsung sebagai sebuah masalah. Pemerintah Ukraina memperkirakan akan mengalami defisit anggaran sebesar $43 miliar pada tahun depan.

“Tentu saja, tanpa dukungan anggaran langsung ini, akan sulit untuk mempertahankan…pada posisi yang sama dan…rakyat dapat benar-benar bertahan…dalam situasi ketika perang akan terus berlanjut,” ujarnya.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.0924 seconds (0.1#10.140)