Pengamat Inggris: Timnas Indonesia Layak Jadi Tim Papan Atas Piala Asia 2023

Rabu, 06 Desember 2023 - 08:21 WIB
loading...
Pengamat Inggris: Timnas Indonesia Layak Jadi Tim Papan Atas Piala Asia 2023
Pengamat Inggris: Timnas Indonesia Layak Jadi Tim Papan Atas Piala Asia 2023
A A A
HANOI - Pengamat asal Inggris, Steve Darby memberikan prediksi perihal peta persaingan di Grup D Piala Asia 2023 . Menurutnya, Timnas Indonesia layak menjadi tim papan atas pada ajang yang berlangsung di Qatar nanti.

Piala Asia 2023 akan dimulai pada 12 Januari 2023 mendatang. Laga Qatar menghadapi Lebanon di Grup A akan menjadi menu pembuka turnamen paling bergengsi di Benua Kuning tersebut.



Adapun Timnas Indonesia akan tergabung di grup yang ekstra berat. Betapa tidak, skuad Garuda berada satu grup dengan dua tim raksasa, Irak dan Jepang, serta rival sesama Asia Tenggara, yakni Vietnam.

Darby kemudian memberikan prediksinya perihal jalannya penyisihan Grup D Piala 2023. Eks pelatih Timnas Laos ini tak menampik bahwa memprediksi penyisihan grup Piala Asia 2023 bukan perkara mudah.

“Kita harus realistis bahwa Jepang akan menjadi tim teratas di grup. Baik Irak maupun Indonesia akan sulit diprediksi,” kata Darby dilansir The Thao 247, Selasa (6/12/2023).

Namun demikian, Darby memprediksi bahwa Timnas Indonesia bisa menghadirkan kejutan. Menurutnya, skuad asuhan Shin Tae-yong sudah layak menjadi tim papan atas di Piala Asia 2023 nanti.

“Mereka punya pemain bagus tapi Irak mungkin tidak memiliki persiapan terbaik dan Indonesia mungkin terpengaruh oleh banyak faktor selain sepak bola,” ujar Darby menambahkan.

“Indonesia mempunyai populasi dan kualitas pemain yang bagus, sehingga patut menjadi salah satu tim papan atas di Asia,” lanjut pria kelahiran Liverpool ini.

Darby memprediksi Jepang finis sebagai pemuncak grup, diikuti Vietnam di peringkat kedua. Sementara tiket babak gugur lewat jalur peringkat tiga terbaik akan diperebtukan Irak dan Timnas Indonesia.

“Vietnam bisa menempati peringkat kedua grup ini, namun hal ini sangat bergantung pada kualitas persiapan dan dukungan dari VFF (PSSI-nya Vietnam) Di masa lalu,” ujar pria berusia 68 tahun ini.

“VFF telah memberikan dukungan yang luar biasa kepada Coach Park (Hang-seo) dan mudah-mudahan hal ini akan terus berlanjut. Bagaimanapun, grup Timnas Vietnam di Piala Asia adalah grup yang sulit,” pungkasnya.
(sto)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1518 seconds (0.1#10.140)