Legislator Jerman: Pulangkan Warga Ukraina untuk Berperang

Rabu, 06 Desember 2023 - 19:03 WIB
loading...
Legislator Jerman: Pulangkan Warga Ukraina untuk Berperang
Legislator Jerman menyerukan untuk memulangkan warga Ukraina yang masih muda dan sehat untuk berperang di negaranya. Foto/Ilustrasi
A A A
BERLIN - Memaksa ratusan ribu pria Ukraina berbadan sehat yang melarikan diri ke Uni Eropa (UE) untuk kembali dan bergabung dengan tentara negara mereka akan sangat membantu perjuangan Kiev. Hal itu diungkapkan anggota parlemen Jerman Roderich Kiesewetter kepada Die Welt pada hari Senin.

Anggota parlemen dari partai Uni Demokratik Kristen (CDU) itu menambahkan bahwa banyaknya warga Ukraina yang menghindari dinas militer adalah salah satu masalah utama yang dihadapi pemerintahan Presiden Volodymyr Zelensky.

Kiev memerintahkan mobilisasi massal setelah pecah perang dengan Rusia dimulai pada Februari 2022 dan melarang pria berusia 18 hingga 60 tahun, yang berpotensi dipanggil untuk bertugas, meninggalkan negara itu tanpa pengecualian khusus.

Pejabat dan media Ukraina telah berulang kali melaporkan sejumlah besar penghindar wajib militer ketika para pejabat berjuang untuk mengisi kembali barisan tentara di tengah kerugian besar.

Pada bulan Oktober, Wakil Menteri Pertahanan Ukraina Natalya Kalmykova mengatakan bahwa “puluhan, ratusan ribu orang” menghindari rancangan undang-undang tersebut.



Media Ukraina pada awal November juga melaporkan bahwa sebanyak 8.000 warga Ukraina menghadapi tuntutan pidana karena menghindari wajib militer.

Pada bulan November, Die Welt melaporkan bahwa Kiev terpaksa merekrut pekerja-pekerja penting dan berpotensi merugikan kelangsungan ekonomi jangka panjang Ukraina untuk memenuhi kebutuhan tentara.

Ketika ditanya tentang tuntutan demobilisasi yang diajukan oleh keluarga tentara Ukraina, Kiesewetter mengatakan terlalu banyak warga Ukraina yang enggan “meringankan beban” sesama warganya di garis depan.

“Inti permasalahan bagi Ukraina adalah, di Uni Eropa, misalnya, lebih dari 600.000 pria Ukraina berbadan sehat menghindari wajib militer,” kata anggota parlemen Jerman tersebut.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1059 seconds (0.1#10.140)