Gara-gara Tak Diizinkan Duel 12 Ronde, Amanda Serrano Kecewa Berat dengan WBC

Kamis, 07 Desember 2023 - 15:10 WIB
loading...
Gara-gara Tak Diizinkan Duel 12 Ronde, Amanda Serrano Kecewa Berat dengan WBC
Juara dunia tinju wanita kelas bulu, Amanda Serrano menanggalkan mahkota WBC yang dimiliknya usai tak diizinkan bertarung sepanjang 12 ronde. / Foto: Instagram @serranosisters
A A A
CAROLINA - Petinju wanita asal Puerto Rico, Amanda Serrano menahbiskan diri sebagai juara dunia kelas bulu tak terbantahkan usai mengalahkan Erika Cruz, Februari lalu. Namun, petarung 35 tahun itu justru melowongkan gelar kelas bulu WBC. Kenapa?

Ya, Serrano menanggalkan sabuk juara dunia WBC yang dikuasainya karena organisasi tinju yang dipimpin Mauricio Sulaiman itu menolak untuk mengizinkan para petinju wanita bertarung selama 12 ronde dengan durasi 3 menit tiap rondenya.

Sebelumnya, ketika Serrano mempertahankan gelar melawan Danila Ramos, Oktober lalu, duel tersebut mencatatkan sejarah sebagai pertarungan untuk kejuaraan dunia wanita pertama yang diadakan selama 12 ronde 3 menit sejak 2007.



Pada duel yang berlangsung di Orlando, Amerika Serikat tersebut, Serrano mencetak kemenangan angka mutlak untuk mempertahankan mahkota WBO, WBA dan IBF. Dia pun melepas sabuk WBC, karena tidak diizinkan untuk bertarung selama 12 ronde dengan 3 menit/rondenya.

Serrano pun menyuarakan kekecewaannya, karena harus melowongkan sabuk WBC-nya melalui akun Instagramnya.

"Ke depannya, jika sebuah badan yang berwenang tidak ingin memberikan saya dan para petinju lainnya pilihan untuk bertarung seperti para pria, maka saya tidak akan bertarung untuk badan yang berwenang tersebut," ungkap Serrano seperti dikutip dari keterangan unggahannya di akun Instagram @serranosisters pada Kamis (7/12/2023).

"WBC telah menolak untuk mengembangkan olahraga ini demi kesetaraan. Jadi saya melepaskan gelar mereka. Terima kasih kepada badan-badan sanksi yang telah berevolusi demi Kesetaraan!"

"Jika Anda ingin menghadapi saya di atas ring, Anda punya pilihan. Saya telah membuat pilihan saya," tulisnya.

Untuk diketahui, pertarungan perebutan gelar dunia pria saat ini berlangsung selama 12 ronde dengan waktu 3 menit tiap rondenya. Sedangkan, duel kejuaraan dunia wanita digelar sepanjang 10 ronde dengan durasi 2 menit/rondenya.

Sementara itu, sebelum duel Serrano vs Ramos, Presiden WBC, Mauricio Sulaiman sempat mengutarakan alasannya untuk tidak menizinkan duel kejuaraan dunia wanita berlangsung 12 ronde 3 menit.



"Tenis, wanita bermain tiga set, bola basket keranjangnya lebih pendek dan bolanya lebih kecil, dan itu bukan olahraga kontak. Kami mendukung keselamatan dan kesejahteraan para petarung," ucap Sulaiman kepada Chris Mannix dari Sports Illustrated.
(nug)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.3585 seconds (0.1#10.140)