Sirkuit Mandalika Kini Bisa Digunakan Balap Mobil Tingkat Nasional

Jum'at, 08 Desember 2023 - 01:02 WIB
loading...
Sirkuit Mandalika Kini Bisa Digunakan Balap Mobil Tingkat Nasional
Sirkuit Mandalika Kini Bisa Digunakan Balap Mobil Tingkat Nasional
A A A
JAKARTA - Pengurus Pusat Ikatan Motor Indonesia ( PP IMI ) resmi mengumumkan Sirkuit Mandalika bisa digunakan untuk balapan mobil tingkat nasional. Sebab, sirkuit yang terletak di Lombok, Nusa Tenggara Barat itu dinyatakan lulus dalam segala aspek.

"Pengurus Pusat Ikatan Motor Indonesia (PP-IMI) telah menerbitkan LISENSI SIRKUIT untuk Pertamina Mandalika International Circuit sehingga dapat melaksanakan Balap Mobil Tingkat Nasional," tulis The Mandalika GP, Kamis (7/12/2023).



"Lisensi Sirkuit ini diterbitkan untuk Pertamina Mandalika International Circuit, yang telah dinyatakan lulus dalam segala aspek persyaratan dari kondisi sampai standar keselamatannya untuk dapat melaksanakan Perlombaan balap kategori mobil kejuaraan nasional," lanjut The Mandalika GP.

Sementara Direktur Utama MGPA, Priandhi Satria mengatakan Sirkuit Mandalika sedang mengajukan linesi balap mobil berskala internasional kepada FIA. Dengan lisensi tersebut membuat Sirkuit Mandalika bisa menggelar balapan mobil internasional, serta membuat Indonesia semakin dikenal di dunia.

"Saat ini Pertamina Mandalika International Circuit sedang mengajukan kepada FIA untuk lisensi Balap Mobil skala Internasional. Dengan lisensi dari IMI ini diharapkan Pertamina Mandalika International Circuit mendapatkan lisensi dari FIA untuk menyelenggarakan Kejuaraan balap mobil berskala Internasional yang akan mengangkat nama Indonesia di mata dunia," ujarnya.

Sirkuit Mandalika mulai dibangun pada Oktober 2019 dan memakan waktu empat tahun untuk menyelesaikannya. Pada 12 November 2023, Sirkuit Mandalika resmi dibuka dan telah menggelar beberapa balapan internasional.

Sementara Sirkuit Mandalika sudah dua kali menjadi tuan rumah MotoGP pada 2022 dan 2023. Pada edisi perdana, Miguel Oliveira keluar sebagai pemenang saat balapan berlangsung hujan.

Kemudian, Francesco Bagnaia menjadi pemenang di Sirkuit Mandalika di MotoGP 2022. Sementara SIrkuit Mandalika akan kembali menggelar balapan MotoGP pada 27-29 September 2024 mendatang atau tempatnya di seri ke-17.
(sto)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1298 seconds (0.1#10.140)