Warganet Ramai-ramai Tolak Gubernur DKI Ditunjuk Presiden di RUU DKJ

Kamis, 07 Desember 2023 - 20:01 WIB
loading...
Warganet Ramai-ramai Tolak Gubernur DKI Ditunjuk Presiden di RUU DKJ
Warganet menolak RUU DKJ di mana Gubernur DKI ditunjuk Presiden lantaran mengancam hak pilih warga Jakarta dan bertolak belakang dengan prinsip demokrasi. Foto: Ilustrasi MPI/Maspuq
A A A
JAKARTA - Delapan dari sembilan fraksi di DPR menyetujui Rancangan Undang-Undang Daerah Khusus Jakarta (RUU DKJ) menjadi RUU inisiatif DPR. Hanya Fraksi PKS DPR yang menolak.

RUU ini menuai polemik, salah satu poin dari RUU ini adalah Gubernur dan Wakil Gubernur DKI ditunjuk langsung oleh Presiden dengan pertimbangan DPRD.

Terpantau di lini masa, warganet ramai-ramai menolak RUU tersebut lantaran mengancam hak pilih warga Jakarta dan bertolak belakang dengan prinsip demokrasi.



"RUU DKJ amputasi hak pilih warga Jakarta , mengkhianati reformasi," kata @kang_Soer.

"Sebagai warga Jakarta saya pastikan pilih partai yg menolak RUU DKJ ttg penunjukan langsung Gub-Wagub," ujang @sersanqomar.

"KTP saya Jaksel, MENOLAK KERAS draf RUU DKJ!!!" kata @AchilDawn.

"Bertentangan dengan akal sehat, berlawanan dengan demokrasi. Tolak RUU Daerah Khusus Jakarta!" ujar @adhepur.

Hal senada dicuitkan sejarawan JJ Rizal. Menurut dia, RUU DKJ telah menghina hak demokrasi warga Jakarta. Aktivis Dhandy Laksono dan pegiat media sosial Said Didu turut menyuarakan pendapat serupa.

"Apa udah waktunya ya bung saya ajak orang betawi minta merdeka aja, keterlaluan sih menghinanya ini, jahat bgt," kata @JJRizal.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.4297 seconds (0.1#10.140)