8 Fakta Mengejutkan Lumba-Lumba, Hewan Lucu yang Memiliki Sisi Gelap

Senin, 11 Desember 2023 - 19:21 WIB
loading...
8 Fakta Mengejutkan Lumba-Lumba, Hewan Lucu yang Memiliki Sisi Gelap
Lumba-lumba merupakan mega-predator dan gemar memainkan mangsanya. (Foto: Nature)
A A A
JAKARTA - Lumba-lumba merupakan mamalia laut yang akrab dengan manusia. Kelucuan dan kepintarannya membuat siapa saja dibuat kagum. Mamalia yang sering disalahartikan sebagai ikan ini terkenal ramah, pintar, suka bermain, dan memiliki sejumlah emosi yang sama dengan manusia.

Pernahkah terpikir bahwa mamalia laut yang lucu dan ramah ini memiliki sisi gelap yang bertolak belakang dengan karakteristiknya yang kita kenal? Ya, Lumba-lumba memiliki fakta mengejutkan. Salah satunya adalah hewan ini merupakan mega-predator, Lumba-lumba memakan banyak ikan, udang, dan cumi-cumi dengan jumlah lebih dari 33 pon sehari, mengatur perburuan dan menyerang mangsa secara berkelompok.

Selain merupakan mega-predator, berikut 8 fakta mengejutkan lumba-lumba, hewan Lucu yang memiliki sisi gelap, yang dirangkum dari berbagai sumber, Senin (11/12/2023).

1. Mengklaim wilayah teritorialnya sendiri


Lumba-lumba memiliki wilayah teritorialnya sendiri dan susunan dalam grupnya teratur. Mereka terbagi ke dalam beberapa grup untuk misi yang berbeda-beda, seperti menyerang Lumba-lumba lain untuk mencuri betinanya.


2. Selalu mengembangkan cara baru untuk berburu dan membunuh mangsanya


Ketika Lumba-lumba lapar, mereka akan berubah menjadi predator yang mampu mengembangkan cara yang tidak biasa untuk menjebak mangsanya. Contohnya, Lumba-lumba yang hidup di perairan dangkal di Florida, menggunakan ekornya untuk menendang lumpur dalam formasi melingkar, untuk menjebak ikan di dalamnya. Sementara untuk Lumba-lumba yang hidup di Shark Bay, Australia, terlihat menggunakan spons sebagai alat untuk menggali mangsa dari dasar laut.

3. Sering menyiksa mangsa sebelum memakannya


Gurita memiliki beberapa mekanisme pertahanan yang mematikan, inilah mengapa Lumba-lumba harus berhati-hati ketika hendak memangsa gurita. Dengan adanya hal tersebut, Lumba-lumba menghajar gurita dengan kejam dan melemparnya tanpa henti hingga hancur berkeping-keping sebelum memakannya.

4. Dalam beberapa kasus, lumba-lumba menyerang manusia


Fakta yang satu ini paling mencengangkan. Lumba-lumba yang kita kenal ramah dan lucu, ternyata merupakan mamalia yang agresif secara seksual. Dalam beberapa kasus, Lumba-lumba diketahui pernah menyerang para penyelam beberapa kali.

5. Lumba-lumba membunuh hewan lain untuk kesenangan


Selain membunuh hewan lain untuk bertahan hidup, Lumba-lumba memiliki motivasi membunuh yang misterius. Lumba-lumba membunuh mamalia lain dengan berbondong-bondong, menggunakan paruh mereka sebagai pentungan, dan menebas hewan lain dengan deretan giginya yang tajam. Ketika hewan lain membunuh untuk memakan mangsanya, Lumba-lumba memiliki keinginan membunuh yang tidak berhubungan dengan kebutuhan akan makanan.

6. Lumba-lumba membunuh bayinya sendiri


Lumba-lumba jantan membunuh bayi Lumba-lumba untuk dapat kawin dengan induknya. Dipercaya bahwa Lumba-lumba betina siap untuk kawin ketika bayi-bayinya sudah mati.


7. Mampu tak tidur selama lima hari


Lumba-lumba memiliki kemampuan untuk terus terjaga selama lima hari tanpa kehilangan stamina fisik ataupun kemampuan mental. Anehnya, Lumba-lumba tidak mengganti waktu tidur mereka yang hilang sama sekali.

8. Berburu dalam grup berisi 1.000 anggota atau lebih


Lumba-lumba hidung botol beberapa kali berburu dalam grup yang berisi lebih dari 1.000 anggota. Namun mereka biasanya tergabung ke dalam grup yang berisi 10 hingga 15 anggota.

MG/Miracle Tania
(msf)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1629 seconds (0.1#10.140)