Heboh Komika Lecehkan Nabi, Ini Keutamaan Orang yang Memiliki Nama Muhammad

Selasa, 12 Desember 2023 - 20:54 WIB
loading...
Heboh Komika Lecehkan Nabi, Ini Keutamaan Orang yang Memiliki Nama Muhammad
Andai Komika itu mengetahui kemuliaan Nabi Muhammad SAW, tentu ia tidak bakal berani melecehkan apalagi menghina Nabi dalam materi stand up-nya. Foto/SINDOnews
A A A
Baru-baru ini umat Islam di Tanah Air dihebohkan dengan aksi seorang Komika yang menghina Nabi Muhammad ﷺ. Andai si Komika itu mengetahui keutamaan dan kemuliaan Nabi Muhammad ﷺ, tentu ia tidak bakal berani melecehkan apalagi menyebarkan ujaran kebencian dalam materi stand up-nya.

Tetapi nasi sudah jadi bubur. Meski telah meminta maaf kepada umat Islam, Komika berinisial AR itu tetap diproses secara hukum. Di balik kasus penistaan ini, ada hikmah besar dan pelajaran berharga bagi umat Islam. Salah satunya tentang kemuliaan Nabi Muhammad ﷺ dan keutamaan orang yang memilki nama "Muhammad" (مُحَمَّد).

Keutamaan Orang yang Memiliki Nama Muhammad
Nabi Muhammad ﷺ tidak hanya dikaruniai Allah dengan mukjizat yang agung. Beliau juga diberi banyak keistimewaan yang menjadi kekhususan beliau dari manusia pada umumnya. Itu sebabnya Beliau dijuluki dengan ungkapan "Basyarun laa kal-basyar" yang artinya manusia yang tidak seperti manusia biasa.

Apa aja keutamaan orang yang memiliki nama Muhammad? Imam Al-Bushiri dalam Qashidah Burdah-nya berkata:

فَإِنَّ لِيْ ذِمَّـــةً مِــنْهُ بِتَسْمِيَــتِيْ ***مُحَـمَّدًا وَهْوَ أَوْفَى الْخَلْقِ بِـالذِّمَمِ

"Sesungguhnya aku memiliki jaminan dari Nabi ﷺ dengan namaku 'Muhammad'. Rasulullah ﷺ adalah makhluk paling setia dalam memenuhi janji."

Imam al-Qasthallani dalam Syarah al-Burdahnya berkomentar: "Dalam dawuh Imam al-Bushiri di atas terdapat dalil dianjurkannya memberi nama dengan namanya Nabi Muhammad ﷺ. Mengenai hal ini terdapat banyak Hadis, di antaranya:

Dari Sayyidina Anas bin Malik, Rasulullah ﷺ bersabda:

يُوقَفُ عَبْدَانِ بَيْنَ يَدَيِ اللَّهِ عَزَّ وَجَلَّ ، فَيَأْمُرُ بِهِمَا إِلَى الْجَنَّةِ ، فَيَقُولَانِ : رَبَّنَا ؛ بِمَا اسْتَأْهَلْنَا الْجَنَّةَ وَلَمْ نَعْمَلْ عَمَلاً يُجَازِينَا الْجَنَّةَ ؟! فيقولُ اللهُ عزَّ وجلَّ : عَبْدَايَ : ادْخُلَا الْجَنَّةَ ؛ فَإِنِّي آلَيْتُ عَلَى نَفْسِي أَلَّا يَدْخُلَ النَّارَ مَنِ اسْمُهُ أَحْمَدُ وَلا مُحَمَّدٌ.

"Dua hamba diberhentikan di hadapan Allah. Allah memerintahkan mereka masuk surga. Mereka bertanya, "Wahai Tuhan kami. Dengan amal apakah kami layak masuk surga? Padahal kami tidak beramal dengan sesuatu yang balasannya surga."

Allah Ta'ala menjawab: "Hamba-Ku, masuklah surga. Aku telah bersumpah tidak memasukkan ke dalam neraka orang yang bernama Ahmad dan Muhammad."

وعن نبيط بن شَريط قال : قال رسولُ اللهِ صلَّى اللهُ عليهِ وسلَّمَ : قَالَ اللهُ عَزَّ وَجَلَّ : وَعِزَّتِي وَجَلالِي ؛ لا عَذَّبْتُ أَحَداً تَسَمَّى بِاسْمِكَ فِي النَّارِ » رواه أبو نعيم ، وعنه أبو علي الحداد ، وعنه أبو منصور الديلمي في «مسند الفردوس» بسنده مرفوعاً، وقال : « مُتَّصِلُ الإسناد».

"Dari Nubaith bin Syuraith, bahwa Rasulullah ﷺ bersabda: "Allah Ta'ala berfirman kepadaku: Demi kemuliaan dan keluhuranku. Aku tidak akan menyiksa seseorang yang bernama dengan namamu." (HR Abu Nu'aim)

وروي عن جعفر بن محمَّدٍ : (إذا كان يوم القيامة .. نادى مناد : أَلا لِيَقُمْ مَنِ اسمُهُ محمد فيدخل الجنَّةَ ؛ لكرامة اسمه صلى الله عليه وسلم).

"Diriwayatkan dari Imam Ja'far bin Muhammad: "Kelak di hari Kiamat, Malaikat memanggil: Berdirilah orang yang bernama Muhammad. Masuklah surga sebab kemuliaan Nabi Muhammad ﷺ."

Itulah keutamaan orang yang memiliki nama "Muhammad". Hendaknya orang tua menamai anaknya dengan "Muhammad" atau "Ahmad" tanpa disertai dengan nama lain. Semoga bermanfaat.

(rhs)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2180 seconds (0.1#10.140)