Putin: Tidak Ada Perdamaian hingga Tujuan Demiliterisasi Ukraina Tercapai

Kamis, 14 Desember 2023 - 22:34 WIB
loading...
Putin: Tidak Ada Perdamaian hingga Tujuan Demiliterisasi Ukraina Tercapai
Presiden Rusia Vladimir Putin menegaskan tidak ada perdamaian di Ukraina hingga tujuan Moskow tercapai. Foto/Reuters
A A A
MOSKOW - Presiden Vladimir Putin menegaskan tujuan Rusia di Ukraina tetap tidak berubah dan tidak akan ada perdamaian sampai tujuan tersebut tercapai.

Itu diungkap Putin setelah mengumumkan bahwa ia akan mencalonkan diri dalam pemilihan presiden pada bulan Maret 2024, di mana pemimpin berusia 71 tahun itu hampir pasti akan memenangkan masa jabatan kelima. Dia telah berkuasa selama 24 tahun, termasuk masa jabatannya sebagai perdana menteri, dan kemenangan tahun depan akan membuatnya tetap menjadi presiden hingga tahun 2030.

Menjawab pertanyaan dari masyarakat dan media di Moskow, pemimpin Rusia tersebut mengatakan perdamaian akan mungkin terjadi setelah “denazifikasi, demiliterisasi, dan status netral” Ukraina – sesuatu yang telah diulanginya sejak Rusia menginvasi Ukraina pada Februari 2022.

Rusia menuduh pemerintah Ukraina sangat dipengaruhi oleh kelompok “nasionalis radikal” dan neo-Nazi, yang disengketakan oleh Kyiv dan Barat. Putin juga secara konsisten menuntut agar Ukraina tetap netral dan tidak bergabung dengan aliansi militer NATO.

“Mengenai demiliterisasi, mereka tidak mau bernegosiasi, sehingga kami terpaksa mengambil tindakan lain, termasuk tindakan militer,” kata Putin, dilansir Al Jazeera.

“Entah kita setuju atau kita harus menyelesaikan [masalah ini] dengan kekerasan,” tambahnya.

Putin mengatakan saat ini ada sekitar 617.000 tentara Rusia di Ukraina, termasuk sekitar 244.000 yang dipanggil untuk berperang bersama pasukan militer profesional Rusia. Namun saat ini tidak ada kebutuhan untuk mobilisasi pasukan cadangan lebih lanjut, tambahnya.

Dia mengatakan sekitar 486.000 orang sejauh ini telah mendaftar secara sukarela sebagai tentara kontrak, lebih tinggi dari 300.000 orang yang direkrut tahun lalu, dan “alirannya tidak berkurang”.

Desember lalu, karena melanggar tradisi, Putin membatalkan acara tersebut. Ini adalah pertama kalinya dalam satu dekade dia tidak menyelenggarakan konferensi tersebut.

Tahun ini, tema utama konferensi tersebut adalah pertempuran di Ukraina, pembayaran kepada tentara dan keluarga mereka, serta perekonomian.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.0862 seconds (0.1#10.140)