alexametrics

Fernando Alonso, Ingin Menjadi Legenda

loading...
Pembalap Formula 1, Fernando Alonso. FOTO/IST
A+ A-
USIA tua tidak menghalangi pembalap Fernando Alonso jadi orang yang paling sibuk di lintasan balap. Tahun ini dia menjalani dua ajang balap internasional sekaligus. Apa yang membuatnya termotivasi melakukan hal tersebut?

Tahukah Anda beratnya jadi pembalap Formula 1? Untuk gambaran saja, setiap kali balapan, pembalap Formula 1 kehilangan berat badan hingga 4 kilogram usai balapan. Kondisi ini terjadi karena mobil balap Formula 1 bukanlah mobil yang nyaman untuk dikendarai. Mobil F1 butuh waktu dua detik untuk melakukan pengereman dari kecepatan 200km/jam sampai berhenti sempurna. Alhasil, pengemudi akan merasakan tekanan yang cukup besar, khususnya di bagian leher dan pundak.

Saat pengereman dilakukan, temperatur piringan rem mobil bisa mencapai lebih dari 1.000 derajat celsius. Temperatur di dalam knalpot mobil balap F1 mencapai 950 derajat celsius. Sementara, suhu rata-rata dalam kokpit selama balapan adalah 55 derajat celsius. Itu sebabnya, berat pembalap bisa menyusut hingga 4 kilogram lebih dalam satu balapan.

Dalam satu musim, Formula 1 menggelar 21 kali balapan. Tidak heran jika pembalap Formula 1 banyak yang mengolah fisik mereka agar tetap prima menjalani lomba. Bayangkan jika balapan yang diarungi lebih banyak lagi.

Inilah yang terjadi pada pembalap asal Spanyol, Fernando Alonso. Pembalap yang pernah menjadi juara dunia Formula 1 pada 2005 dan 2006 ini bakal lebih sibuk dibanding pembalap Formula 1 lainnya. Total ada 25 balapan yang harus dia jalani. Bonus 4 balapan lainnya, bukan balapan biasa, yakni lomba balap ketahanan mobil atau World Endurance Championship (WEC).

Sesuai namanya lomba ini bakal lebih sadis ketimbang Formula 1. Pembalap mobil harus memacu mobil selama enam jam. Pada usianya yang sudah mencapai 36 tahun, Fernando Alonso sudah tidak muda lagi di lintasan balap. Di Formula 1 dia jadi pembalap kedua tertua setelah pembalap asal Finlandia, Kimi Raikkonen, yang sudah berumur 38 tahun. Tidak heran jika banyak orang yang geleng-geleng kepala ketika Fernando Alonso ambil bagian di dua ajang balap mobil.

"Saya seorang pembalap mobil. Saya akan melakukan balap mobil di mana saja jika memang bisa," ujar pria kelahiran Oviedo, Spanyol tersebut.
halaman ke-1 dari 3
KOMENTAR (pilih salah satu di bawah ini)
  • Disqus
  • Facebook
loading gif
Top