Siapakah Jai Opetaia, Mengapa Dia Dipaksa Lepas Sabuk Juara Dunia?

Selasa, 19 Desember 2023 - 12:31 WIB
loading...
Siapakah Jai Opetaia, Mengapa Dia Dipaksa Lepas Sabuk Juara Dunia?
Siapakah Jai Opetaia, Mengapa Dia Dipaksa Lepas Sabuk Juara Dunia?/The Sun
A A A
Siapakah Jai Opetaia , mengapa dia dipaksa melepaskan sabuk juara dunia nya? Menarik untuk dibahas sosok Jai opetaia yang merupakan juara kelas penjelajah IBF hingga dia dipaksa menanggalkan gelar juara dunianya.

Petinju Australia, Jai Opetaia, dipaksa membuat keputusan terbesar dalam kariernya - dan itu membuatnya kehilangan gelar kelas penjelajah IBF. Dia menjadi terkenal setelah melengserkan juara dunia Mairis Briedis pada tahun 2022.

Dan sejak saat itu, Opetaia telah pulih dari patah rahang sebelum mengamankan kemenangan meyakinkan pada ronde keempat melawan Jordan Thompson lebih dari setahun kemudian. Namun, dalam situasi yang tidak biasa, Opetaia harus kehilangan gelar juara dunianya tanpa menginjakkan kaki di atas ring. Namun, keputusan tersebut telah membuka babak baru dalam perjalanan karier tinju Opetaia.



Siapakah Jai Opetaia?
Lahir pada 30 Juni 1995, Jai Opetaia adalah seorang petinju Australia yang dibesarkan di Sydney, New South Wales dan keturunan Samoa. Darah olahraga mengalir dalam silsilah keluarganya. Bintang Australia ini memiliki hubungan keluarga dengan ikon Premier League, Tim Cahill.

Dan nama Opetaia pertama kali menjadi berita utama saat ia memenangkan gelar Kelas Berat Ringan di Kejuaraan Dunia Junior 2011 sebelum lolos ke Olimpiade 2012 sebagai Kelas Berat pada usia 18 tahun sebagai petinju Olimpiade termuda Australia.

Opetaia meraih medali perunggu di Kejuaraan Dunia Remaja AIBA di divisi kelas berat, namun gagal melewati ronde pertama di Olimpiade. Namun, petarung ini tidak pernah melihat ke belakang sejak saat itu dengan rekor tinju profesionalnya yang mencapai 23 kali menang dan 0 kali kalah - terutama saat ia merebut gelar kelas jelajah IBF dari Mairis Briedis pada tahun 2022.

Mengapa Jai Opetaia dipaksa untuk mengosongkan gelarnya?
Jai Opetaia ditawari 'uang yang mengubah hidup' untuk kesepakatan dua pertarungan untuk bertinju di Arab Saudi bersama dengan menghadapi Ellis Zorro di laga tambahan pertarungan mendebarkan Anthony Joshua melawan Otto Wallin.

Namun, IBF tidak mengizinkan Opetaia untuk bertarung dengan lawan lain sebelum pertandingan perebutan gelar yang dijadwalkan melawan Mairis Briedis yang saat ini sedang cedera. Sebagai hasilnya, Opetaia mendapat ultimatum - menarik diri dari pertarungan di Saudi atau dicopot dari gelar juara dunia kelas penjelajah IBF-nya.

Dan petinju Australia ini memutuskan untuk menerima pertarungan melawan Zorro dengan bayaran 1,5 juta poundsterling, yang membuatnya tetap mendapatkan sabuk bergengsi Ring Magazine. Kubu Mairis Briedis tidak mempermasalahkan Zorro yang menggantikannya, namun IBF tidak siap untuk mengubah pendirian mereka.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2827 seconds (0.1#10.140)