18 Beasiswa Bergengsi S1-S3 Universitas di Asia, Kuliah 0 Rupiah Uang Saku Tebal

Rabu, 20 Desember 2023 - 12:11 WIB
loading...
18 Beasiswa Bergengsi S1-S3 Universitas di Asia, Kuliah 0 Rupiah Uang Saku Tebal
Salah satu beasiswa bergengsi di Asia adalah Malaysia International Scholarship.Beasiswa kuliah gratis dari pemerintah Malaysia ini dibuka untuk jenjang S2 dan S3 dan biasanya ditutup pada bulan Maret. Foto/Ist
A A A
JAKARTA - Ini daftar 18 jenis beasiswa jenjang S1-S3 sejumlah universitas di Asia. Dunia pendidikan tinggi di kawasan Asia saat ini berkembang pesat. Setidaknya ada 10 negara di Asia yang sering dijadikan pilihan mahasiswa internasional untuk melanjutkan pendidikan tinggi.

Kesepuluh negara di Asia itu di antaranya Taiwan, Jepang, Singapura, Thailand, China, Turki, Hong Kong, Korea Selatan, Malaysia dan Brunei Darussalam. Kamu yang berasal dari keluarga mampu untuk berkuliah di negara-negara Asia mungkin tak ada persoalan dalam segi biaya.

Namun bagi kamu yang memiliki ekonomi pas-pasan, tentu fasilitas beasiswa sangat membantu. Banyak universitas di kawasan Asia yang saat ini menawarkan program beasiswa. Dilansir dari laman Instagram bimbingan belajar untuk ke luar negeri, Kobi Education, artikel kali ini akan membahas daftar 18 beasiswa bergengsi sejumlah universitas di Asia. Mana saja, simak uraian di bawah ini ya!

18 Beasiswa Bergengsi Jenjang S1-S3 di Asia


1. Taiwan IDF Scholarship

Beasiswa yang dibuka untuk jenjang S1 sampai S3 ini dibuka antar Januari dan Maret. Beasiswa ini merupakan fully funded atau menggratiskan biaya kuliah mahasiswa. Kamu juga dapat uang saku antara Rp5-8 juta per bulan.

2. MoE Taiwan Scholarship

Beasiswa ke Taiwan ini untuk jenjang S1-S3, di mana untuk S1 akan diberikan sebesar 15.000-20.000 dolar Taiwan atau sekitar Rp7-9 juta per bulan untuk mahasiswa S2 dan S3.

3. NYCU Internasional Scholarship

Beasiswa ke Taiwan untuk S1-S3 ini bersifat penuh atau fully funded, jadi mahasiswa berkesempatan kuliah gratis. Termasuk mendapatkan tunjangan.

4. Malaysia International Scholarship

Beasiswa kuliah gratis dari pemerintah Malaysia ini dibuka untuk jenjang S2 dan S3 dan biasanya ditutup pada bulan Maret.

5. Hong Kong PhD Fellowship Scheme

Hong Kong punya beasiswa jenjang S3 yang biasanya pendaftaran ditutup bulan September. Termasuk beasiswa fully funded.


6. HKU Entrance Scholarship

Beasiswa jenjang S1 ini juga merupakan beasiswa fully funded untuk kuliah di Hong Kong.

7. KOC University Graduate Program


Negara Turki termasuk negara di Asia yang diincar para mahasiswa internasional. Beasiswa kuliah S2 dan S3 Turki ini juga sering diincar mahasiswa karena menawarkan kuliah gratis.

8. Global Korea Scholarship

Kuliah jenjang S1-S3 di Korea Selatan bisa pakai beasiswa ini. Bahkan tanpa perlu menyerahkan TOEFL.

9. KOICA Scholarship

Beasiswa S2 ke Korea Selatan ini juga termasuk fully funded ke 11 kampus terbaik Korsel.

10. POSTECH Graduate Scholarship

Beasiswa ini juga termasuk salah satu beasiswa ke Korea Selatan bagi mahasiswa Asia lanjut S2 dan S3 secara gratis.

11. MEXT Scholarship

Salah satu negara di Asia yang jadi pilihan mahasiswa, adalah Jepang. Beasiswa MEXT membuka pendaftaran bagi mahasiswa D3 sampai S3 kuliah gratis di kampus terkemuka.

12. INPEX Scholarship

Mau lanjut kuliah di luar negeri? Cobalah beasiswa INPEX buat kuliah di Jepang. Ini termasuk beasiswa fully funded dengan uang saku cukup besar.

13. Asian Development Bank - Japan Scholarship Program atau ADB-JSP

Beasiswa ini termasuk fully funded, yang akan menanggung biaya kuliah penuh S2, tunjangan perumahan, uang saku bulanan, tunjangan buku dan materi pembelajaran, asuransi kesehatan, serta biaya perjalanan.

14. Schwarzman Scholarship

Beasiswa ke China ini juga menawarkan gratis kuliah S2 ke mahasiswa di Asia atau luar Asia.

15. Singapore International Graduate Award

Beasiswa yang disingkat SINGA ini membuka peluang kuliah S3 gratis di kampus ternama Singapura.

16. Brunei Darussalam Government Scholarship

Pemerintah Brunei Darussalam juga membuka pendaftaran beasiswa jenjang S1 hingga S3 agar bisa kuliah gratis di beberapa perguruan tinggi.

17. China Government Scholarship

Beasiswa dari pemerintah China ini menawarkan kuliah gratis bagi mahasiswa S1 sampai S3. 18. Royal Thai Government Scholarship Thailand termasuk negara di Asia Tenggara yang sering dipilih mahasiswa dari berbagai negara untuk melanjutkan pendidikan tinggi. Beasiswa kuliah gratis ini dibuka bagi mahasiswa S2.
(wyn)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2420 seconds (0.1#10.140)