Preview Juventus vs Tottenham Hotspur: Manfaatkan Koneksi Pemain

Selasa, 13 Februari 2018 - 08:17 WIB
Preview Juventus vs Tottenham Hotspur: Manfaatkan Koneksi Pemain
Preview Juventus vs Tottenham Hotspur: Manfaatkan Koneksi Pemain
A A A
TURIN - Laga seru bakal tersaji di leg pertama babak 16 besar Liga Champions 2017/2018, yang mempertemukan Juventus verus Tottenham Hotspur di Juventus Stadium, Rabu (14/2/2018) dini hari WIB. Ini bisa dijadikan sebagai tontonan yang sangat menarik untuk penikmat sepak bola mengingat dua kesebelasan sama-sama memiliki rekor yang ciamik.

Juventus dan Tottenham diketahui belum sekalipun berhadapan di kompetisi Eropa. Tapi bukan berarti dua kesebelasan tidak pernah menjajal kemampuan para pemainnya. Dalam kurun waktu dua tahun, Si Nyonya Tua bertemu dua kali melawan Spurs.

Pada pertemuan pertama di Tur musim panas di Australia pada 2016 lalu, Juventus menang dengan skor 2-1. Selang setahun kemudian, giliran pasukan Massimiliano Allegri terbang ke London untuk menjalani laga pemanasan (pramusim) di Stadion Wembley.

Pada pertandingan yang berlangsung 5 Agustus 2017, Spurs menang dengan skor 2-0 atas Juventus. Ini baru rekor pertemuan Juventus versus Tottenham. Bagaimana dengan statistik dua kesebelasan di semua kompetisi?

Juventus diketahui telah memenangkan 11 pertandingan berturut-turut di semua kompetisi. Catatan lainnya, I Bianconeri hanya kebobolan satu gol dalam 16 pertandingan terakhir. Prestasi yang tak kalah mentereng juga dibuat Spurs.

Tim polesan Mauricio Pochettino sukses memperpanjang rekor tak terkalahkan menjadi 12 pertandingan di semua kompetisi musim ini. Artinya, kepandaian dua pelatih dalam meracik strategi akan menjadi faktor penentu di pertandingan ini.

Allegri kemungkinan bakal menerapkan pola skema 4-3-3 saat menjamu Spurs. Formasi ini dianggap ideal dan bisa menambah tajam insting pemain dalam mencetak gol. Sejauh ini ada lima pemain Juventus yang sudah mengoleksi gol di Liga Champions, yakni Gonzalo Higuain, Mario Mandzukic, Miralem Pjanic, Juan Cuadrado dan Federico Bernardeschi.

Sementara Spurs cenderung tidak akan mengalami perubahan yang banyak. Pochettino tetap menggunakan skema 4-3-2-1 dengan Harry Kane menjadi ujung tombaknya. "Sepertinya kita memiliki satu karakteristik yang sama," kata Pochettino.

Jika formasi ini tidak berjalan sesuai rencana, pelatih bisa memanfaatkan koneksi pemain. Ini berkaitan dengan pemain yang pernah merumput di Liga Italia maupun Inggris. (Baca juga: Lini Tengah Juventus Berlubang Jelang Bentrok vs Tottenham )

Sebut saja Fernando Llorente, Wojciech Szczesny, dan Eric Lamela. Ya, ketiga pemain ini sangat mengenal betul gaya permainan Juventus maupun Spurs dan ini bisa dimanfaatkan pelatih untuk mencari kelemahan.

Prakiraan Susunan Pemain

Juventus (4-3-3) Gianluigi Buffon, Mattia De Sciglio, Medhi Benatia, Giorgio Chiellini, Alex Sandro, Sami Khedira, Miralem Pjanic, Claudio Marchisio, Douglas Costa, Gonzalo Higuain, Mario Mandzukic

Tottenham Hotspur (4-3-2-1) Hugo Lloris, Serge Aurier, Davinson Sanchez, Jan Vertonghen, Ben Davies, Victor Wanyama, Eric Dier, Mousa Dembele, Dele Alli, Christian Eriksen, Harry Kane

Head to Head
Juventus vs Tottenham Hotspur 2-1
Tottenham Hotspur vs Juventus 2-0

Lima Pertandingan Terakhir Juventus
Juventus vs Genoa 1-0
Chievo vs Juventus 0-2
Atalanta vs Juventus 0-1
Juventus vs Sassuolo 7-0
Fiorentina vs Juventus 0-2

Lima Pertandingan Terakhir Tottenham Hotspur
Newport County vs Tottenham Hotspur 1-1
Tottenham Hotspur vs Manchester United 2-0
Liverpool vs Tottenham Hotspur 2-2
Tottenham Hotspur vs Newport County 2-0
Tottenham Hotspur vs Arsenal 1-0
(sha)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 1.5181 seconds (0.1#10.140)