Ngobar 2023 Jadi Wadah Gen Z Aktualisasi Diri Para Gamers

Kamis, 21 Desember 2023 - 18:42 WIB
loading...
Ngobar 2023 Jadi Wadah Gen Z Aktualisasi Diri Para Gamers
Pendukung capres-cawapres Ganjar Pranowo-Mahfud MD bernama Komunitas Elang V bersama Ideolaugh dan Gerakan Peduli Stunting (GPS) menggelar acara Ngobrol dan Main Bareng (Ngobar) di Kedai Lekker Coffee and Bakery, Rabu (20/12/2023) malam. Foto/Ist
A A A
JAKARTA - Pendukung capres-cawapres nomor urut 3 Ganjar Pranowo-Mahfud MD bernama Komunitas Elang V bersama Ideolaugh dan Gerakan Peduli Stunting (GPS) menggelar acara Ngobrol dan Main Bareng (Ngobar) di Kedai Lekker Coffee and Bakery, Rabu (20/12/2023) malam. Acara ini dihadiri oleh komunitas pemain game (gamers) dari Universitas Indonesia dan Universitas Gadjah Mada, serta dihadiri pula oleh Ketua BEM UI 2022 Bayu Satrio Utomo.

Acara itu juga dihadiri oleh setidaknya 300 peserta sebagai pendaftar dan dipenuhi oleh pengunjung kafe. Pada acara Ngobar kali ini membahas tentang “Gen Z and Future Jobs: peluang dan tantangan bisnis kreatif masa depan (e-sports)”.

Generasi Milenial dan generasi Z (Gen Z) disebut sebagai pilar dari generasi emas pada tahun 2045. Jumlah generasi milenial dan gen Z mengisi separuh demografi penduduk Indonesia. Dari sisi jumlah populasi tersebut, kelompok ini menjadi perhatian khusus dalam berbagai aspek kehidupan.



Pada era digital saat ini, bermunculan profesi baru yang menyesuaikan tuntutan zaman di era globalisasi. Salah satu profesi yang populer adalah gamers (pemain game), tentu pada masa lalu bermain game hanya dilihat sebelah mata, tapi saat ini bermain game dapat menjadi kegiatan positif dan bahkan dapat menjadi duta bangsa di kancah internasional.

Bahkan di laman dunia maya, pemain game dapat mempengaruhi opini publik melalui konten-konten yang dihasilkan. Minat dan bahasan pemain game tersebut juga variatif, dari topik sederhana yang dekat dengan keseharian hingga isu menyangkut HAM, lingkungan hidup serta keadilan sosial.

Pada konteks tahun politik, generasi milenial dan Z menjadi kelompok yang mendapat banyak perhatian karena menjadi pemilih pemula dalam jumlah yang besar. Secara khusus, jumlah Gen Z di Kota Depok sebesar 26 % dari jumlah pemilih di Kota Depok untuk daftar pemilih tetap (DPT) 2024.

Namun sayangnya, pihak-pihak yang mendekati tidak mempertimbangkan apa dan bagaimana sebenarnya pemikiran dan kemauan pemilih pemula untuk mempersiapkan masa depan dirinya dan bangsanya dengan gaya dan kreativitas mereka.

“Elang V Menyusun agenda kegiatan yang relevan untuk generasi milenial dan gen z untuk menampung keresahan-keresahan kita selama ini tentang dunia pekerjaan di masa depan dan juga memberikan ide tentang peluang pekerjaan yang tidak terpikirkan sebelumnya,” kata Koordinator Ngobar 2023 Kurnia Amonito.

Elang V pun mengajak semua generasi milenial dan gen z untuk terus melakukan eksplorasi diri dan menumbuhkan kreativitas dalam diri agar dapat bersaing di masa disrupsi yang cepat. “Generasi milenial dan utamanya generasi z harus memiliki jiwa petarung yang selalu ingin menghadapi perubahan yang cepat dan harus selalu mengasah kemampuan dan kreativitasnya, karena ke depan pekerjaan kreatif akan lebih dibutuhkan di masa mendatang” tuturnya.

Dalam kesempatan yang sama, anak capres Ganjar Pranowo, Alam Ganjar yang juga ikut menghadiri acara itu mengapresiasi dan menyempatkan main bareng (mabar) dalam acara ini, meskipun yang bersangkutan masih dalam kondisi tidak enak badan. “Saya sangat berterima kasih dan mengapresiasi kegiatan yang diinisiasi oleh Ideolaugh dan Elang V ini. Lanjutkan terus kegiatan dan dukungan Ideolaugh dan Elang V kepada kegiatan-kegiatan anak muda yang kreatif,” ucapnya.

Sementara itu, Tim Pemenangan Nasional (TPN) melalui Wakil Direktur Representatif Direktorat Relawan Rifqi Mubarok sangat mengapresiasi Elang V sebagai komunitas relawan pendukung militan Ganjar-Mahfud sebagai Calon Presiden dan Calon Wakil Presiden Republik Indonesia periode 2024-2029 yang konsisten melakukan kerja-kerja nyata dan kreatif di wilayah Jawa Barat, DKI Jakarta, dan Banten dalam rangka pemenangan pasangan nomor urut 3 itu untuk Pilpres 2024.

“Elang V ini kami kenal sangat militan, mandiri dan selalu melakukan giat-giat penetrasi ke komunitas pemilih secara langsung serta tepat sasaran. Kami secara pribadi seringkali mengikuti dan selalu memonitor kegiatan Elang V, dan selanjutnya kami akan mendorong Tim Pemenangan Nasional (TPN) untuk lebih memperhatikan dan mendukung komunitas-komunitas relawan yang militan dan kreatif seperti Elang V ini,” pungkas Rifqi Mubarok.
(rca)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1325 seconds (0.1#10.140)