Lilipaly dan Nadeo Argawinata Tak Dipanggil Shin Tae-yong, Bung Towel: Alasannya Bikin Bingung

Jum'at, 22 Desember 2023 - 10:04 WIB
loading...
Lilipaly dan Nadeo Argawinata Tak Dipanggil Shin Tae-yong, Bung Towel: Alasannya Bikin Bingung
Tommy Welly menyoroti keputusan Shin Tae-yong, yang tak memanggil Stefano Lilipaly dan Nadeo Argawinata untuk mengikuti pemusatan latihan (TC) Timnas Indonesia jelang Piala Asia 2023 / Foto: Kolase
A A A
Keputusan Shin Tae-yong tak memanggil Stefano Lilipaly masuk skuad Timnas Indonesia di Piala Asia 2023 mengundang perhatian banyak pihak. Salah satunya pengamat sepak bola Tanah Air, Tommy Welly.

Tommy Welly menilai jika Shin Tae-yong bersikap tidak adil kepada Lilipaly dan Nadeo Argawinata. Kedua pemain Borneo FC itu tidak masuk dalam daftar yang dibawa ke Turki untuk menjalani pemusatan latihan (TC).

Shin Tae-yong beralasan tidak memasukkan nama Lilipaly lantaran pemain berusia 33 tahun itu memiliki fisik yang kurang bagus. Sementara alasan tidak memanggil Nadeo karena Syahrul Trisna dianggap lebih tenang.



Bung Towel sapaan akrab Tommy Welly menilai kalau pertimbangan Shin Tae-yong tidak memanggil dua pemain itu tidak jelas. Padahal, Lilipaly dan Nadeo tampil baik di Liga 1 2023/2024.

Menurutnya, penampilan pemain di Liga 1 musim ini bisa dijadikan sebagai tolok ukur bagi pelatih untuk menentukan pemain yang layak masuk ke Timnas Indonesia. "Pengetahuan umum kita pemain dipanggil timnas berdasarkan performa di kompetisi. Menurut saya jawabannya gak jelas. Stefano Lilipaly dianggap punya kelemahan dari sektor fisik," tutur Towel dalam acara Diskusi Turun Minum PSSI Pers, dikutip Jumat (22/12/2023).

Alasan Shin Tae-yong tidak memilih Lilipaly benar-benar disorot Bung Towel. Dikatakannya, kalau masalahnya ada di fisik, pemain lain seperti Dimas Drajad dan Dendy Sulistyawan juga dinilai punya fisik yang tidak terlalu oke. Apalagi Dimas yang kerap mengalami cedera.



"Alasan itu juga bikin bingung karena terlalu general. Buat Lilipaly fair gak? Tidak. Dia dihakimi punya kekurangan fisik, tapi apakah dia memang fisiknya lebih lemah dibanding Dimas Drajad dan Dendy Sulistyawan," sambungnya.

Kemudian, Bung Towel mengungkapkan kalau alasan Shin Tae-yong tidak memanggil Nadeo juga tidak jelas. Bahkan menurutnya, pelatih asal Korea Selatan itu tidak memanggil Nadeo karena gawangnya kebobolan lima saat Timnas Indonesia keok dari Irak di laga lanjutan grup F kualifikasi Piala Dunia 2026 Zona Asia.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.3231 seconds (0.1#10.140)