3 Kiper Naturalisasi Ini Bikin Gawang Timnas Indonesia Sulit Ditembus jika Bergabung

Jum'at, 22 Desember 2023 - 11:12 WIB
loading...
3 Kiper Naturalisasi Ini Bikin Gawang Timnas Indonesia Sulit Ditembus jika Bergabung
Tiga kiper naturalisasi ini bisa membuat gawang Timnas Indonesia sulit ditembus jika bergabung. Mereka adalah Maarten Paes, Emil Audero, Cyrus Margono / Foto: Kolase
A A A
Tiga kiper naturalisasi ini bisa membuat gawang Timnas Indonesia sulit ditembus jika bergabung. Mereka adalah Maarten Paes, Emil Audero, Cyrus Margono .

Proses pemain naturalisasi Timnas Indonesia menjadi isu yang sangat seksi, terutama sejak kedatangan Shin Tae-yong. Terbaru ada nama Justin Hubner.

Pemain asal Wolverhampton Wanderes itu telah resmi menyandang status sebagai WNI. Shin Tae-yong tak hanya memperkuat lini belakang, tengah, hingga depan dengan merekomendasikan pemain naturalisasi saja.



Shin Tae-yong juga merekomendasikan tiga kiper untuk menjaga kesucian gawang Timnas Indonesia. Andai ketiganya menyandang status sebagai WNI, sudah bisa dibayangkan apa yang akan terjadi skuad Timnas Indonesia.

Berikut 3 Kiper Naturalisasi Rekomendasi Shin Tae-yong

1. Maarten Paes


Maarten Paes adalah kiper berdarah Belanda-Indonesia yang kini berkarier di klub MLS (Major League Soccer), Dallas FC. Saat ini, Maarten Paes bermain untuk FC Dallas. Klub tersebut berkompetisi di Major League Soccer (MLS), kasta teratas liga sepak bola Amerika Serikat.

Melihat statistiknya, Paes sudah menjalani sekitar 30 caps di MLS musim 2023. Sepanjang itu, kiper jangkung ini mencatatkan 8 clean sheet.

Sebelum menuju MLS, Paes sendiri sempat bermain di Liga Belanda. Ia pernah menjadi bagian FC Utrecht yang berlaga di Eredivisie, kasta teratas liga sepak bola Belanda.



Pada level tim nasional (timnas), Paes juga pernah mendapat panggilan dari Belanda di berbagai jenjang. Sebut saja seperti U-19, U-20, hingga U-21.

2. Emil Audero Mulyadi


Emil Audero Mulyadi merupakan pemain keturunan yang sedang didekati PSSI untuk dinaturalisasi. Kiper gado-gado berdarah Italia-Indonesia itu saat ini membela Inter Milan sebagai pemain pinjaman dari Sampdoria.

Kiper berusia 26 tahun itu sejauh ini baru sekali diturunkan di Liga Champions. Mengacu dari statistik Whoscored, ia mendapatkan nilai merah, yakni 5,96

3. Cyrus Margono


Cyrus Margono bermain di Liga Yunani. Dia merupakan salah satu nama yang diusulkan oleh warga Indonesia untuk mengisi posisi penjaga gawang Timnas Indonesia. Cyrus telah memulai proses naturalisasi sejak Mei 2023, dan proses tersebut termasuk wawancara kewarganegaraan Indonesia.

Cyrus mengantongi tiga paspor sekaligus yakni Amerika Serikat, Iran dan Indonesia. Hal itu membuatnya berpeluang untuk membela tiga negara tersebut.

Darah Indonesia mengalir di tubuh kiper Panathinaikos B itu didapatkan dari sang ayah. Berbicara mengenai kariernya, sejauh ini Cyrus sudah bermain sebanyak empat kali bersama Panathinaikos Athens B.
(yov)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1334 seconds (0.1#10.140)