Joseph Parker Permalukan Deontay Wilder, Hancurkan Duel Anthony Joshua

Minggu, 24 Desember 2023 - 07:28 WIB
loading...
Joseph Parker Permalukan Deontay Wilder, Hancurkan Duel Anthony Joshua
Joseph Parker Permalukan Deontay Wilder, Hancurkan Duel Anthony Joshua/The Sun
A A A
Joseph Parker mempermalukan Deontay Wilder sekaligus menghancurkan rencana pertarungan dengan Anthony Joshua yang telah lama dinantikan. Mantan pemegang gelar juara dunia kelas berat WBO ini dengan sangat baik menjalankan rencana permainan yang dirancang untuk menetralisasi kemampuan KO bersejarah dari Wilder saat ia meraih kemenangan angka mutlak dalam pertarungan di Kingdom Arena, Riyadh, Arab Saudi, Minggu (24/12/2023) dini hari WIB.

Joseph Parker menang angka mutlak dengan skor 118-111, 118-110 dan 120-107. Kemenangan angka mutlak ini mengejutkan penggemar tinju yang menjagokan Deontay Wilder. Laga berlangsung lambat di awal, tidak biasa bagi Wilder-yang memegang gelar WBC selama lebih dari lima tahun dari 2015-2020-meskipun memiliki rasio KO yang tinggi.



Parker mampu bertahan di tengah ring, namun gagal menetralisasi gerakan lateral halus dari Wilder yang mengais-ngais dengan jabnya namun tidak menghasilkan pukulan yang berarti. Parker mendaratkan sebuah pukulan overhand kanan di akhir ronde, meskipun sebagian besar merupakan pukulan lengan dengan dampak yang minimal. Pola yang sama berkembang pada ronde kedua. Parker mulai masuk ke dalam dengan jab ke arah tubuh atas saran dari seorang sudut yang sangat mengenal kekuatan dan kelemahan Wilder.

Parker adalah rekan latihan juara kelas berat versi WBC/WBA, Tyson Fury (34-0-1, 24KO), yang memiliki rekor 2-0-1 dengan dua kemenangan KO dalam triloginya dengan Wilder. Yang memandu karier Parker adalah sepupu kedua Fury dan mantan pemegang gelar juara kelas menengah WBO, Andy Lee, yang tetap percaya diri selama membangun kemenangan KO.

Parker bertinju dengan baik selama tiga ronde sebelum ia meningkatkan ritme pada ronde keempat. Petinju asal Selandia Baru ini - yang kini tinggal dan berlatih di Morecambe - menemukan sasaran untuk pukulan kanannya di beberapa titik di ronde tersebut. Wilder merespons di awal ronde, namun ia membalas dengan pukulan balik kanannya yang tidak tepat sasaran.

Parker berhasil menekan Wilder di tali ring dan melepaskan sebuah hook kanan ke arah dagu. Wilder kesulitan untuk menemukan sasarannya di ronde kelima. Parker menyambungkan sebuah pukulan kanan yang mendarat dengan tepat dan cukup untuk memojokkan Wilder.

Sebuah hook kiri di tali ring membuat mantan pemegang gelar WBC yang sangat diunggulkan ini kehilangan keseimbangan, namun tidak sampai terancam knockdown, dan juga tidak berada dalam posisi yang memungkinkannya untuk membalas serangan Parker. Parker disarankan oleh Lee untuk tetap bertahan dengan apa yang berhasil dan juga tetap waspada setiap saat.

Ini adalah pengingat untuk tidak membiarkan dirinya terbuka bagi pukulan kanan Wilder yang legendaris. Strategi ini diterapkan dengan baik oleh Parker, yang secara perlahan menemukan kesuksesan dengan pukulan overhand kanannya pada ronde keenam. Wilder kembali terdesak oleh pukulan tersebut dan di akhir ronde dengan sebuah hook kiri.

Wilder lebih banyak menggunakan jabnya pada ronde ketujuh. Parker beradaptasi dengan cepat, cukup untuk mempersiapkan diri dan menghindari pukulan kanan yang terarah dari Wilder. Hal yang sama tidak berlaku sebaliknya, saat pukulan kanan Parker menemukan sasarannya beberapa kali di ronde tersebut.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2605 seconds (0.1#10.140)