Sir Jim Ratcliffe Cuma Akuisisi 25 Persen Saham Manchester United

Selasa, 26 Desember 2023 - 01:01 WIB
loading...
Sir Jim Ratcliffe Cuma Akuisisi 25 Persen Saham Manchester United
Keluarga Glazer akhirnya melepas 25 persen saham Manchester United kepada Sir Jim Ratcliffe, Minggu (24/12/2023) malam waktu setempat / Foto: Sky Sports
A A A
Keluarga Glazer akhirnya melepas 25 persen saham Manchester United kepada Sir Jim Ratcliffe, Minggu (24/12/2023) malam waktu setempat. Dengan kata lain, pengusaha asal Amerika Serikat tersebut tak melepas sepenuhnya tanggung jawab pengelolaan operasional sepak bola klub kepada bos INEOS.

Tentunya penjualan tersebut tak akan membuat para penggemar Man United puas karena Keluarga Glazer masih berkuasa. Apalagi, prosesnya memakan waktu lebih dari setahun hanya untuk sekadar melepas 25 persen saham klub.

Padahal, pengusaha kaya asal Qatar, Sheikh Jassim bin Hamad Al Thani dan Ratcliffe sebelumnya sempat mengajukan penawaran sebesar 5 miliar Poundsterling (Rp98 triliun) untuk mengambil alih klub sepenuhnya. Tetapi hal tersebut tak sesuai dengan keinginan Keluarga Glazer.



"Sebagai bagian dari transaksi, INEOS telah menerima permintaan Dewan untuk mendelegasikan tanggung jawab pengelolaan operasional sepak bola Klub. Hal ini akan mencakup semua aspek operasional dan Akademi sepak bola pria dan wanita, serta dua kursi di dewan Manchester United PLC dan dewan Klub Sepak Bola Manchester United," tulis pernyataan klub

Hal tersebut membuktikan bahwa Keluarga Glazer memang tak peduli dengan prestasi Man United di dunia sepak bola. Sebab, mereka lepas tangan ketika banyak pekerjaan yang diperlukan untuk memperbaiki banyak hal, seperti kondisi Stadion Old Trafford yang sudah menua, strategi transfer yang tak masuk akal serta tempat latihan yang sudah kuno.

Tentu saja, semua hal yang dikerjakan INEOS untuk memperbaikinya berada di bawah pengawasan Keluarga Glazer. Mereka tak punya niat untuk memperbaikinya dan terus menciptakan masalah, tetapi kini malah menyerahkannya ke orang lain.



Kendati harus memperbaiki banyak masalah yang telah diciptakan oleh Keluarga Glazer, Ratcliffe mengaku senang bisa mengambil alih sebagian dari Man United. Dia menyatakan kepada para penggemar bahwa ini dilakukannya untuk investasi jangka panjang.

"Sebagai anak lokal dan pendukung setia klub, saya sangat senang bahwa kami dapat menyetujui kesepakatan dengan Dewan Manchester United yang mendelegasikan kami tanggung jawab pengelolaan operasional sepak bola Klub. Meskipun kesuksesan komersial klub telah memastikan selalu tersedia dana untuk memenangkan trofi di level tertinggi, potensi ini belum sepenuhnya terbuka dalam beberapa waktu terakhir," ujar Ratcliffe.

"Kami akan membawa pengetahuan, keahlian, dan bakat global dari grup INEOS Sport yang lebih luas untuk membantu mendorong peningkatan lebih lanjut di Klub, sekaligus menyediakan dana yang dimaksudkan untuk memungkinkan investasi masa depan di Old Trafford. Kami berada di sini untuk jangka panjang dan menyadari bahwa ada banyak tantangan dan kerja keras terbentang di depan, yang akan kami hadapi dengan penuh ketelitian," pungkasnya.
(yov)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1509 seconds (0.1#10.140)