Profil Sir Dave Brailsford dan Jean Claude Blanc, 2 Direksi Baru Manchester United Anak Buah Sir Jim Ratcliffe

Senin, 25 Desember 2023 - 13:18 WIB
loading...
Profil Sir Dave Brailsford dan Jean Claude Blanc, 2 Direksi Baru Manchester United Anak Buah Sir Jim Ratcliffe
Chairman INEOS, Sir Jim Ratcliffe resmi mengakuisisi 25 persen saham Manchester United / Foto: United In Focus
A A A
Chairman INEOS, Sir Jim Ratcliffe resmi mengakuisisi 25 persen saham Manchester United . Sir Jim Ratcliffe nantinya akan dibantu Sir Dave Brailsford dan Jean Claude Blanc, sebagai Direksi.

Pada Minggu (24/12/2023) malam WIB, Manchester United mengumumkan Sir Jim Ratcliffe telah menyelesaikan kesepakatan memiliki 25 persen saham klub lewat perusahaan INEOS. Pengusaha asal Inggris itu juga akan menginvestasikan dana sebesar USD300 juta.

Sir Jim Ratcliffe mengeluarkan dana sebesar 1,25 miliar poundsterling atau sekitar Rp24,5 triliun untuk membeli 25 persen saham Manchester United. Meski hanya memiliki saham minoritas, tetapi ia memiliki kendali penuh atas operasional klub.



Hal tersebut membuat Sir Jim Ratcliffe akan memiliki hak untuk ikut dalam transfer Setan Merah. Sementara Sir Jim Ratcliffe tidak akan bekerja sendiri, karena akan mendapatkan bantuan dari Sir Dave Brailsford dan Jean Claude Blanc yang bertugas sebagai Direksi.

Lalu, siapa Sir Dave Brailsford dan Jean Claude Blanc?


Sir Dave Brailsford merupakan pria asal Inggris dan lahir di Shardlow, Derbyshire pada 29 Februari 1964. Saat ini, ia sedang menjabat sebagai kepala tim bersepeda profesional Inggris, Ineos Grenadiers.

Selain mengurusi Ineos Grenadiers, pria berusia 59 tahun itu juga menjabat sebagai Direktur Olahraga klub kasta tertinggi Liga Prancis, OGC Nice. Kemampuan Sir Dave Brailsford dalam mengurus tim bersepeda tak bisa dipandang remeh, karena sempat membawa Inggris meraih dua medali emas di Olimpiade 2004.



Sementara Jean Claude Blanc merupakan mantan CEO Juventus dan manajer umum eksekutif pemasaran Paris Saint-Germain (PSG). Pria kelahiran 9 April 1963 itu juga sempat mendapatkan penghargaan di bidang Bisnis dan Pemasaran Internasional dari Skema Business School dan MBA dari Harvard Business School.

Jean Claude Blanc menjabat sebagai CEO Juventus pada 2006, ketika klub tersandung skandal Calciopoli dan terdegradasi ke Serie B. Kendati demikian, ia berhasil membuat Si Nyonya Tua bangkit dengan proyek stadion baru, yakni Juventus Arena dan menjadi klub pertama Italia yang memiliki stadion sendiri.

Kehadiran Sir Dave Brailsford dan Jean Claude Blanc akan menjadi awal kebangkitan Manchester United. Sebab, The Red Devils kerap mendatangkan pemain dengan harga mahal, tetapi tak mampu memberikan prestasi.
(yov)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.3378 seconds (0.1#10.140)