Media Malaysia Optimistis Klub Jordi Amat Tampil di Piala Dunia Antarklub 2025

Senin, 25 Desember 2023 - 15:00 WIB
loading...
Media Malaysia Optimistis Klub Jordi Amat Tampil di Piala Dunia Antarklub 2025
Johor Darul TaZim (JDT) diyakini bakal tampil di Piala Dunia Antarklub 2025. Keyakinan itu muncul setelah FIFA mengubah aturan untuk gelaran Piala Dunia Antarklub tahun depan / Foto: Jordi Amat (@jordiamat5)
A A A
Johor Darul Ta'Zim (JDT) diyakini bakal tampil di Piala Dunia Antarklub 2025. Keyakinan itu muncul setelah FIFA mengubah aturan untuk gelaran Piala Dunia Antarklub tahun depan.

FIFA mengumumkan perubahan format Piala Dunia Antarklub 2025 berlangsung di Amerika Serikat. Mulai tahun depan ajang tersebut berubah nama menjadi Mundial de Clubes FIFA dan mempertandingkan 32 klub dari masing-masing enam konfederasi.

"Dewan FIFA bertemu menjelang semifinal Piala Dunia Antarklub FIFA 2023 di Jeddah, Arab Saudi, dan mengambil keputusan penting sehubungan dengan Piala Dunia Antarklub FIFA pertama yang beranggotakan 32 tim, yang akan dimainkan di Amerika Serikat pada tahun 2025. Nama resmi kompetisi ini adalah Mundial de Clubes FIFA dan akan menampilkan klub-klub dari masing-masing enam konfederasi," bunyi pernyataan resmi FIFA.



Konfederasi Sepak Bola Eropa (UEFA) mendapatkan jatah paling banyak, yakni 12 tim. Kemudian, Konfederasi Sepak Bola Amerika Selatan (CONMEBOL) mendapatkan enam slot.

Lalu, Konfederasi Sepak Bola Asia (AFC), Konfederasi Sepak Bola Afrika (CAF) dan Konfederasi Sepak Bola Amerika Tengah, Utara dan Karibia (CONCACAF) masing-masing empat slot. Sedangkan, Konfederasi Sepak Bola Oceania (OFC) paling sedikit dengan hanya satu slot.

Sementara Al Hilal (Arab Saudi) dan Urawa Reds Diamonds (Jepang) menjadi dua wakil AFC untuk berlaga di Mundial de Clubes FIFA. Sedangkan dua slot lagi masih diperebutkan oleh klub-klub di Asia.



Di sisi lain, Media Malaysia merasa optimistis dengan JDT yang akan mendapatkan slot di Mundial de Clubes FIFA 2025. Sebab, klub yang sedang diperkuat Jordi Amat tersebut menjadi satu-satunya wakil Malaysia di Liga Champions Asia 2023/2024.

Meski gagal melewati fase grup, tetapi media Malaysia menganggap JDT membuka mata dunia untuk tak menganggap remeh tim-tim Malaysia. Bahkan, dalam laporannya klub-klub Malaysia bisa bersaing di kancah dunia.

"Prestasi Harimau Selatan ini membuka mata banyak pihak tentang potensi klub-klub Malaysia membawa tantangan Asia ke kancah klub dunia," tulis Makan Bola, Senin (25/12/2023).

Selama tampil di Liga Champions Asia 2023/2024, JDT menempati posisi ketiga dengan mengumpulkan sembilan poin dari enam laga. JDT sukses mengalahkan wakil Thailand, BG Pathum sebanyak dua kali dengan skor 4-1 dan 4-2 serta menaklukan wakil Korea Selatan, Ulsan Hyundai dengan skor 2-1.
(yov)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.0714 seconds (0.1#10.140)