Ini 3 Modus Baru Penyelundupan Narkoba di Jambi, Apa Saja?

Kamis, 28 Desember 2023 - 09:28 WIB
loading...
Ini 3 Modus Baru Penyelundupan Narkoba di Jambi, Apa Saja?
BNNP Jambi menemukan 3 modus baru dalam menyelundupkan narkoba. Foto/Ilustrasi
A A A
JAMBI - Kepala Badan Narkotika Nasional Provinsi (BNNP) Jambi Brigjen Pol Wisnu Handoko menerangkan dalam tahun 2023 ini, pihaknya menemukan 3 modus baru dalam menyelundupkan narkoba. Sebagian modus ini berhasil lolos dan beredar di masyarakat.

”Pertama dengan cara menyamarkan sabu di kotak susu jenis Milo. Kedua mencampurkan sabu dalam kemasan botol madu dan terakhir disimpan dalam bungkus teh cina,” kata Wisnu Handoko, Kamis (28/12/2023).

Menurut dia, harus dibutuhkan kejelian petugas untuk membongkar aksi jaringan narkoba yang merusak masyarakat.



”Sementara pada berapa tahun yang lalu penyelundupan narkoba dimasukkan ke dalam tubuh manusia ada yang simpan di dalam perut, seperti wanita hamil. Sekarang sudah beda lagi modusnya. Jadi terus berkembang,” ucapnya.

Hingga akhir tahun ini pihaknya berhasil mengamankan 12 kg sabu-sabu, ekstasi sebanyak sekitar 5.000 butir dan ganja seberat 8,5 kg. ”Ini terungkap dari 38 kasus dan 40 orang tersangka dengan status bandar, kurir hingga penggungna,” ungkapnya.



Tidak hanya itu, pihaknya juga telah melaksanakan pemusnah segala jenis narkoba yang berhasil diungkap dengan empat kali pemusnahan. Bahkan, selama tahun 2023 terdapat peningkatan kasus dari tahun sebelumnya.

”Tahun 2022 ada 28 kasus dan 2023 ada 38 kasus termasuk yang diungkap BNN Kota dan Kabupaten di Jambi,” imbuhnya.

Wisnu juga mengajak seluruh komponen masyarakat untuk sama-sama memerangi peredaran dan penyalahgunaan narkoba. ”Kami minta peran masyarakat untuk ikut memberantas peredaran narkoba guna melindungi generasi bangsa dari perusakan narkoba,” tandasnya.
(ams)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1273 seconds (0.1#10.140)