Kamu Aktif Berorganisasi? Daftar Saja di 3 PTN Jalur Golden Ticket Tanpa Tes Berikut Ini

Kamis, 28 Desember 2023 - 09:57 WIB
loading...
Kamu Aktif Berorganisasi? Daftar Saja di 3 PTN Jalur Golden Ticket Tanpa Tes Berikut Ini
Universitas Airlangga (Unair) menjadi satu dari 3 PTN yang membuka jalur penerimaan mahasiswa jalur Golden Ticket di mana siswa bisa diterima tanpa tes. Foto/Ist
A A A
JAKARTA - Ini 3 perguruan tinggi negeri (PTN) yang memiliki jalur golden ticket, siswa bisa diterima tanpa tes. Pada umumnya, seleksi masuk PTN hanya bisa diikuti lewat tiga jalur yakni Seleksi Nasional Berbasis Prestasi (SNBT), Seleksi Nasional Berbasis Tes (SNBT), dan jalur mandiri.

Namun, ternyata ada beberapa PTN yang menyediakan jalur khusus bagi mahasiswa berprestasi bisa langsung diterima tanpa harus mengikuti tiga jenis seleksi tersebut.Cara ini berlaku bagi siswa yang mendapatkan Golden Ticket dari PTN tujuannya.
Golden Ticket ini bisa diraih siswa karena aktif berorganisasi atau menang kejuaraan yang diselenggarakan oleh PTN penyedia jalur.

Untuk lebih jelasnya, artikel kali ini akan membahas 3 PTN yang punya jalur golden ticket di mana siswa bisa diterima tanpa tes, simak ya!

3 PTN Ini Punya Jalur Golden Ticket


1. Universitas Airlangga (Unair)


Golden Ticket Unair berlaku bagi siswa berprestasi terpilih yang ingin mendaftar SNBP. Pada seleksi SNPMB 2023, ada dua kategori peraih Golden Ticket ini yakni Platinum dan Gold.

Golden Ticket Platinum didasarkan pada prestasi akademik dari nilai rata-rata rapor, nilai mata pelajaran yang unggul dan bagus, juga indeks tinggi dari sekolah asal siswa.

Sementara itu, siswa yang bisa termasuk kategori Golden Ticket Gold adalah mereka yang memiliki prestasi, misalnya peringkat satu di sekolah, tetapi sekolahnya tidak memiliki reputasi yang cukup.

2. Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS)


Pada SNPMB 2023, ITS menyediakan jalur khusus Golden Ticket. Jalur ini hanya berlaku bagi calon mahasiswa yang berminat masuk jurusan Desain Produk, Fakultas Desain Kreatif dan Bisnis Digital ITS Surabaya.

Syarat mendaftar Golden Ticket ITS antara lain harus memiliki prestasi tingkat nasional atau intenasional di bidang akademik maupun nonakademik. Selain itu, detikers yang merupakan konten kreator, influencer, dan entrepreneur bisa juga mencoba jalur ini, loh.



Untuk Golden Ticket ITS 2024, siswa bisa mendapatkannya dengan mengikuti lomba Olimpiade Desain Produk Nasional 2023 yang digelar ITS. Siswa terbaik dan terpilih dari ajang ini akan mendapatkan Golden Ticket masuk ITS.

3. Institut Pertanian Bogor (IPB University)

Pada 2023, IPB University menyediakan Golden Ticket bagi siswa SMA/sederajat yang mempunyai skill kepemimpinan yakni sebagai ketua OSIS atau anggota OSIS di sekolahnya. Golden Ticket IPB ini diberikan melalui mekanisme Future Agile Leader Program (FALP) 2023, kerja sama pihak kampus dengan Dewan Pengurus Pusat Himpunan Alumni (DPP HA) IPB University.

Sebanyak 15 siswa terbaik dari program tersebut yang akan menerima Golden Ticket masuk IPB 2024 tanpa tes ini. Sementara itu, 50 peserta terbaik akan menerima keuntungan antara lain webinar, mentoring, social program incubator, hingga leadership camp.
(wyn)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2058 seconds (0.1#10.140)