Punya Nilai Fisika Bagus? Berikut 10 Jurusan Kuliah yang Cocok Daftar di Jalur SNBP

Kamis, 28 Desember 2023 - 12:31 WIB
loading...
Punya Nilai Fisika Bagus? Berikut 10 Jurusan Kuliah yang Cocok Daftar di Jalur SNBP
Jurusan fisika menjadi salah satu prodi paling cocok bagi kamu lulusan SMA yang akan mendaftar SNBP dengn nilai fisika bagus. Foto/Ist
A A A
JAKARTA - Ini 10 jurusan kuliah SNBP yang cocok bagi kamu dengan nilai fisika bagus. Jurusan kuliah untuk kamu yang mengambil IPA ada banyak pilihan di perguruan tinggi.

Namun, apabila kamu mempunyai nilai Fisika yang bagus, ada beberapa jurusan kuliah terkait fisika yang patut dipertimbangkan untuk dipilih di Seleksi Nasional Berdasarkan Prestasi (SNBP). Apa saja? Artikel kali ini akan membahasnya, simak ya!

10 Jurusan Kuliah yang Cocok Daftar Jalur SNBP dengan Nilai Fisika Bagus


1. Fisika


Program studi ini biasa dikenal Jurusan Fisika murni. Jurusan ini pasti menarik buat kalian yang udah terlanjur jatuh cinta sama fisika. Selama kuliah, kamu bakal belajar mekanika, termodinamika, elektromagnetisme, optika, kuantum mekanika, fisika teoretis, metode pengukuran, sampai analisis data.

Prospek kerja Jurusan Fisika cukup beragam. Apabila melanjutkan ke Program Pascasarjana, kamu bisa berkarier di bidang riset fisika teoretis, fisika kuantum, fisika material, fisika medis, dan lain-lain.

Ada juga alumni yang bekerja di industri farmasi, kosmetik, bahkan kimia. Bidang elektronika, telekomunikasi, penerbangan, maupun energi juga membutuhkan lulusan Jurusan Fisika.

2. Astronomi


Apakah kamu pernah tertarik dengan Jurusan Astronomi? Sebenarnya Astronomi adalah jurusan yang berhubungan dengan kimia, matematika, dan fisika sekaligus.

Mahasiswa Astronomi belajar tentang fisika bintang dan planet, galaksi, dan struktur alam semesta, astrofisika kosmologi, astronomi observasional, maupun astrofisika teoretis. Materi-materi seperti teori Big Bang, fotometri, interferometri, mekanika kuantum, relativitas, dan fisika partikel tentu bakal menarik buat kalian yang kuliah jurusan IPA.

3. Arsitektur


Arsitektur adalah salah satu jurusan kuliah untuk anak fisika yang peluang kerjanya besar. Seorang arsitek dapat bekerja di perusahaan konsultan arsitektur, Dinas Pekerjaan Umum, perusahaan kontraktor, perusahaan properti, atau membuka praktik mandiri.

Pekerjaan-pekerjaan di atas tampaknya memang bukan pekerjaan yang berhubungan dengan fisika secara langsung. Namun, selama kuliah Arsitektur, kamu belajar material konstruksi, teknologi konstruksi, perencanaan dan pelaksanaan konstruksi, desain jalan, desain sistem drainase, dan materi-materi lain yang terkait dengan fisika.


4. Teknik Metalurgi


Perkuliahan metalurgi bakalan menarik buat kalian yang suka fisika. Jurusan anak fisika ini memberimu kesempatan belajar tentang proses-proses produksi dan pengolahan logam dan material.

Ekstraksi, pengecoran, penempaan, pengelasan, pemurnian dan modifikasi logam, teknik-teknik analisis program, hingga sifat-sifat material logam, semua itu bakal dipelajari selama kuliah Teknik Metalurgi.

5. Teknik Nuklir


Kamu yang suka fisika bisa masuk jurusan apa saja? Salah satunya adalah Teknik Nuklir. Kuliah di jurusan ini memberimu kesempatan belajar penerapan fisika dan teknologi, khususnya dalam memproduksi energi listrik melalui reaksi nuklir.

Materi yang dipelajari meliputi aspek teori dan praktis reaksi nuklir, desain dan operasi reaktor nuklir, pengelolaan bahan radioaktif, hingga keselamatan nuklir. Kamu juga bakal belajar tentang aplikasi teknologi nuklir di bidang medis, industri, dan penelitian.

6. Geofisika

Kamu juga bisa masuk Jurusan Geofisika. Dari namanya tentu kamu sudah bisa memperkirakan kalau jurusan ini dekat dengan fisika. Selain struktur bumi dan proses geologi, perkuliahan di jurusan ini menyangkut geofisika terestrial, geofisika laut, geofisika atmosfer, geofisika planet, magnetometer, hingga eksplorasi minyak dan gas serta

7. Oseanografi


Rekomendasi jurusan SNBP untuk yang nilai fisika bagus berikutnya adalah Oseanografi. Perkuliahan di jurusan ini mempelajari tentang proses fisik, kimia, biologi dan geologi yang terjadi di laut.

Ada materi fisika laut, kimia laut, biologi laut, geologi maritim, geofisika maritim, teknologi pengamatan laut, dan pengelolaan sumber daya laut. Kalau kamu tertarik dengan eksplorasi sumber daya laut, pengelolaan lingkungan laut, bahkan peramalan cuaca dan iklim, jurusan kuliah IPA yang satu ini boleh banget dipertimbangkan.

8. Teknik Fisika


Selain Fisika murni, kamu yang suka banget dengan fisika bisa memilih kuliah di Jurusan Teknik Fisika. Di jurusan ini kamu belajar tentang aplikasi prinsip-prinsip fisika dalam bidang teknologi.

Materi yang dipelajari meliputi mekanika, termodinamika, elektronika, optika, serta materi yang lebih khusus seperti fisika material, fisika teknologi, fisika plasma, dan lain sebagainya. Berbagai metode yang dipelajari selama kuliah ditujukan untuk perancangan, pembuatan, dan pengukuran sistem teknologi yang berbasis fisika.

9. Teknik Sipil


Kamu tertarik dengan bidang teknologi, tetapi enggak terlalu pengin fokus sepenuhnya di fisika? Tenang, masih ada alternatif jurusan kuliah untuk anak fisika yang peluang kerjanya besar, yaitu Teknik Sipil.

Di sini kamu belajar tentang cara merancang, membangun, dan memelihara struktur fisik, seperti jembatan, gedung, jalan, maupun bendungan. Materi yang dipelajari meliputi dasar-dasar mekanika tanah, rekayasa struktur, rekayasa jalan, rekayasa air, rekayasa lingkungan, sampai manajemen proyek.

10. Teknik Pertambangan


Masih ada lagi nih, jurusan kuliah untuk anak fisika yang peluang kerjanya besar, yaitu Teknik Pertambangan. Kuliah jurusan IPA ini mempelajari tentang cara mengekplorasi, mengebor, mengekstrak, dan mengolah sumber daya mineral dan batubara.

Mahasiswa Teknik Pertambangan wajib menguasai dasar-dasar geologi, geologi teknik, rekayasa tambang, mekanika tanah dan batuan, rekayasa lingkungan, maupun manajemen pertambangan.
(wyn)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1380 seconds (0.1#10.140)