Mpok Atiek Didiagnosa Idap Tumor Jinak pada Usus, Ini 5 Gejalanya

Minggu, 31 Desember 2023 - 16:36 WIB
loading...
Mpok Atiek Didiagnosa Idap Tumor Jinak pada Usus, Ini 5 Gejalanya
Pelawak senior Mpok Atiek didiagnosa mengidap tumor jinak alias polip pada usus. Polip usus merupakan gumpalan kecil yang terbentuk pada lapisan usus, terutama usus besar atau rektum. Foto Ilistrasi/iStock
A A A
JAKARTA - Pelawak senior Mpok Atiek didiagnosa mengidap tumor jinak alias polip pada usus. Polip usus merupakan gumpalan kecil yang terbentuk pada lapisan usus, terutama usus besar atau rektum.

Dalam beberapa kasus, tumor jinak di usus dapat berkembang menjadi kanker usus besar yang berakibat fatal jika ditemukan pada stadium lanjut.

Mpok Atiek didiagnosa mengidap tumor jinak di usus sekitar bulan Juni 2023. Sebelumnya, ia mengaku kerap merasakan sakit pada perut hampir setiap hari.



Lantas, apa saja gejala lain yang kerap timbul pada penderita tumor jinak usus seperti yang dialami Mpok Atiek? Berikut ulasannya, yang dirangkum pada Minggu (31/12/2023).

Sebagian besar orang dengan tumor jinak di usus besar tidak memiliki gejala apa pun. Beberapa penderita mungkin tidak menyadari bahwa mereka memiliki polip sampai penyedia layanan kesehatan menemukannya selama pemeriksaan usus besar.

Namun, menurut Mayo Clinic, beberapa orang dengan tumor usus besar mungkin mengalami gejala berikut ini.

1. Anemia Kekurangan Zat Besi

Pendarahan dari tumor dapat terjadi secara perlahan tanpa adanya darah yang terlihat dalam tinja. Pendarahan kronik dapat menyebabkan anemia kekurangan zat besi, yang membuat penderitanya merasa lelah dan sesak napas.

2. Perubahan Kebiasaan Buang Air Besar

Konstipasi atau diare yang berlangsung lebih dari seminggu dapat menunjukkan adanya polip usus besar yang lebih besar atau kanker. Namun, beberapa kondisi lain juga dapat menyebabkan perubahan dalam kebiasaan buang air besar.


3. Perubahan Warna Tinja

Darah dapat terlihat sebagai garis-garis merah dalam tinja atau membuat tinja terlihat hitam. Perubahan warna juga dapat disebabkan oleh makanan tertentu, obat-obatan, atau suplemen makanan.

4. Nyeri Perut

Polip usus besar yang besar juga dapat menyumbat sebagian usus Anda, menyebabkan nyeri perut yang kram.

5. Pendarahan Rektal

Ini bisa menjadi tanda adanya polip usus besar atau kanker atau kondisi lain, seperti wasir atau robekan kecil di anus.
(tsa)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2321 seconds (0.1#10.140)