Bolehkah Bersedekah Selain Harta? Apa Saja Contohnya?

Selasa, 02 Januari 2024 - 09:05 WIB
loading...
Bolehkah Bersedekah Selain Harta? Apa Saja Contohnya?
Umumnya sedekah atau bersedekah dilakukan dengan harta atau benda. Padahal sedekah pun bisa dilakukan dengan non-materi atau selain harta dan benda tersebut. Foto ilustrasi/ist
A A A
Umumnya sedekah atau bersedekah dilakukan dengan harta atau benda. Padahal sedekah pun bisa dilakukan dengan non-materi atau selain harta dan benda tersebut. Apa saja sedekah non materi ini dan apa contohnya?

Dalam Islam, sebaik-baik manusia adalah ia yang berguna bagi manusia lainnya, dan manusia yang bersedekah adalah ia yang amat bermanfaat bagi orang lain. Sedekah juga sebagai tabungan pahala untuk mendapat ridho Allah. Bahkan, sedekah adalah hal yang wajib dilakukan oleh umat muslim.

Sebuah hadis menjelaskan:

"Hendaknya setiap muslim bersedekah." Para sahabat bertanya, "Wahai Rasul, bagaimana orang-orang yang tidak memiliki sesuatu bisa bersedekah?" Rasulullah SAW menjawab, "Hendaklah ia berusaha dengan tenaganya hingga ia memperoleh keuntungan bagi dirinya, lalu ia bersedekah (dengannya)." Mereka bertanya lagi, "Jika ia tidak memperoleh sesuatu?" Jawab Rasulullah SAW, "Hendaklah ia menolong orang yang terdesak oleh kebutuhan dan yang mengharapkan bantuannya." Mereka bertanya lagi, "Dan jika hal itu tidak juga dapat dilaksanakan?" Rasulullah SAW bersabda, "Hendaklah ia melakukan kebaikan dan menahan diri dari kejahatan, karena hal itu merupakan sedekahnya." (HR Ahmad).

Tanpa sedekah, surga akan kosong. Ridho Allah bisa saja menjauh jika seorang hambanya malas atau bahkan tidak mau bersedekah. Namun, salah satu kendala seorang tidak bisa sedekah adalah merada tidak punya materi. Padahal, sejatinya sedekah bukan hanya tentang materi. Ada banyak item yang bisa kita sedekahkan dalam hidup ini.

Bahkan dalam islam, senyum bisa dicatat sebagai sedekah. “Senyummu di depan saudaramu adalah sedekah bagimu” (Sahih, HR Tirmidzi no 1956).

Berikut ini adalah contoh sedekah non materi yang bisa diamalkan dalam kehidupan sehari-hari:

1. Sedekah Senyum

Sebagaimana telah disabdakan oleh Rasulullah Shallallahu alaihi wa sallam dalam hadis riwayat Tirmidzi di atas, bahwa senyum adalah bagian dari sedekah dan ibadah.

Senyum yang tulus dengan hati yang iklas bisa kita amalkan kepada orang tua kita, saudara, tetangga atau teman-teman di sekolah, atau rekan-rekan kerja di kantor. Sedekah dengan senyuman akan berdampak luar biasa pada diri kita dan orang lain.

2. Membantu dengan Tenaga

Ada banyak hal yang bisa kita selesaikan atau bantukan degan tenaga kita. Misal membantu pembangunan masjid, membantu membersihkan jalan dan sebagainya.

3. Sedekah Pengetahuan atau Ilmu

Membagikan ilmu pengetahuan, pelajaran di sekolah, belajar bersama dan membantu menerangkan meteri adalah bentuk sedekah yang berharga.

Bagi yang sudah berpengalaman kerja, bisa membagikan skil atau keahlian kepada sesama. Berbagi keahlian menjadi yang berharga bagi mereka yang membutuhkan.

Bahkan berbagi ilmu bisa masuk kategori amal jariyah. "Apabila manusia itu meninggal dunia maka terputuslah segala amalnya kecuali tiga: yaitu sedekah jariyah, ilmu yang bermanfaat dan doa anak sholeh yang berdoa baginya." (HR Muslim).



Wallahu A'lam
(wid)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.4435 seconds (0.1#10.140)