alexametrics

Tantang Singapura, Garuda Muda Tanpa Pemain Senior

loading...
Tantang Singapura, Garuda Muda Tanpa Pemain Senior
Pelatih timnas Indonesia Luis Milla memberikan instruksi kepada pemainnya pada pemusatan latihan tahap kedua di Lapangan ABC Senayan, Februari lalu. FOTO/REUTERS
A+ A-
JAKARTA - Kejutan muncul dari daftar 24 pemain yang dirilis PSSI untuk memperkuat tim nasional Indonesia menghadapi Singapura pekan depan. Dari 24 nama yang dipanggil, tidak ada pemain senior yang sebelumnya diproyeksikan memperkuat tim Merah Putih pada Asian Games 2018.

Ilija Spasojevic, Fachruddin Aryanto, dan Andritany Ardhiayasa merupakan tiga nama yang menjadi langganan panggilan timnas kali ini tidak ada dalam daftar pemain yang mengikuti training centre tahap ketiga. Padahal, sebelumnya Pelatih Luis Milla Aspas memanggil ketiga untuk mendampingi juniornya di timnas U-23 yang dipersiapkan menghadapi Asian Games.

Pemanggilan pemain senior memperkuat timnas U-23 sejatinya sudah dilakukan Milla sejak Juni lalu saat menghadapi laga uji coba kontra Kamboja. Kurnia Meiga, Fachrudin Aryanto, Stefano Lilipaly, Bayu Pradana, serta Irfan Bachdim menjadi pemain terpilih. Tradisi ini kembali berlanjut saat timnas U-23 menggelar uji coba kontra timnas Suriah U-23 dengan memanggil delapan pemain senior termasuk Ilija Spasojevic yang baru saja mendapatkan status naturalisasi. Perpaduan komposisi pemain senior dan junior juga dilakukan Luis Milla pada turnamen internasional Aceh World Solidarity Cup 2017 serta laga uji coba internasional kontra Islandia.



Pada pemusatan latihan tahap kedua Februari lalu Luis Milla akhirnya mengungkapkan ketidakpuasannya terhadap pemain senior yang dipanggil mengikuti TC, yakni Andritany Ardhiyasa, Muhammad Ridho, Nelson Alom, dan Ilija Spasojevic. Pelatih asal Spanyol itu mengindikasikan masih akan mencari pemain baru khususnya untuk mengisi kuota tiga pemain senior pada Asian Games. Milla beralasan dirinya membutuhkan pemain senior yang mampu membimbing penggawa muda Merah Putih di lapangan. Tidak hanya berjiwa pemimpin, pelatih yang semasa aktif pernah memperkuat Barcelona dan Real Madrid itu menginginkan pemain yang punya pengalaman berlaga di level internasional.

"Kami mencari pemain senior yang bisa memimpin para pemain muda. Kami butuh pengalaman mereka apalagi dalam situasi pertandingan karena pendekatan pemain senior dengan pemain muda pasti berbeda dengan para pelatih," kata Luis Milla.

Untuk menambal posisi yang ditinggalkan pemain senior, Luis Milla memanggil tiga muka baru yakni bek Persebaya Surabaya Rachmat Irianto dan gelandang Sriwijaya FC Syahrian Abimanyu yang notabene merupakan penggawa timnas U-19. Selain itu, striker naturalisasi timnas U-22 di SEA Games 2017 Ezra Walian yang sempat tersisih kembali dipanggil pelatih asal Spanyol itu. Selain itu, pemain sayap Egy Maulana yang baru saja bergabung bersama klub Polandia Lechia Gdansk juga dipanggil mengikuti TC kali ini.

Sementara duo Selangor FA, Evan Dimas dan Ilham Udin, yang sebelumnya absen kembali bergabung bersama timnas U-23. Sesuai jadwal uji coba yang berlangsung di Stadion Nasional Singapura, Rabu (21/3/2018), merupakan bagian dari persiapan Garuda Muda menuju Asian Games 2018. Sebelum bertolak ke Singapura pada Senin (19/3/2018), timnas U-23 akan melakoni latihan terlebih dahulu di Lapangan ABC Senayan pada 17-18 Maret ini.

Sementara itu, timnas U-16 yang baru saja tampil di Turnamen Jenesys di Jepang tiba di Tanah Air, Kamis (15/3/2018). Kedatangan skuad Garuda Asia disambut langsung Menteri Pemuda dan Olahraga Imam Nahrawi di Bandara Soekarno Hatta. Timnas menggondol gelar juara setelah mengalahkan Vietnam di final.
(amm)
preload video
KOMENTAR (pilih salah satu di bawah ini)
  • Disqus
  • Facebook
loading gif
Top
Aktifkan notifikasi browser anda untuk mendapatkan update berita terkini SINDOnews.
Aktifkan
Tidak