Inilah Manfaat di Balik Sunnah Tidur Miring ke Kanan

Rabu, 03 Januari 2024 - 14:36 WIB
loading...
Inilah Manfaat di Balik Sunnah Tidur Miring ke Kanan
Tidur seperti sunnah Rasulullah SAW atau posisi tidur miring ke sebelah kanan, ternyata banyak manfaatnya bagi kesehatan tubuh kita. Foto ilustrasi/scoopwhoop
A A A
Dalam adab-adab tidur , Rasulullah shalallahu alaihi wa sallam memberikan contoh tidur miring atau menghadap ke arah kanan. Tentu saja di balik sunnah Rasul tersebut ada manfaat luar biasa yang didapatkan orang yang mengamalkannya.

Dalam sebuh hadis yang diriwayatkan oleh Bukhari dan Muslim Rasulullah SAW bersabda,

“Apabila kamu hendak berangkat ke tempat tidurmu maka berwudulah seperti wudumu untuk salat, kemudian berbaringlah pada sisi badan sebelah kanan…,” (HR. Bukhari-Muslim)

Sunnah Rasulullah SAW ini sudah terbukti dan dibuktikan dari berbagai penelitian, bahwa terdapat manfaat yang banyak bagi kesehatan tubuh kita. Jika ditinjau dari sisi medis ternyata tidur menghadap ke sebelah kanan atau miring ke kanan saat tidur banyak manfaatnya bagi kesehatan tubuh manusia.

Seperti dijelaskan seorang pakar kesehatan dan herbal dr. Zaidul Akbar, dalam laman instagramnya, dijellskan ada sedikitnya 6 manfaat tidur menghadap ke sebelah kanan :

Manfaat tidur ke sebelah kanan tersebut yakni:

1. Merehatkan otak sebelah kiri

2. Mengurangi beban kerja jantung

3. Merangsang buang air besar

4. Merehatkan kaki sebelah kiri

5. Menjaga kesehatan paru paru

6. Menjaga saluran pernapasan

Sungguh luar biasa Islam mengatur pola hidup manusia melalui Rasulullah SAW, memerintahkan badan harus suci bersih ketika hendak ketempat tidur dengan cara berwudhu terlebih dahulu dan ketika hendak tidur untuk mengambil posisi tidur harus menghadap ke sebelah kanan atau miring badan ke kanan. Semoga bermanfaat.



Wallahu A'lam
(wid)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2241 seconds (0.1#10.140)