Shin Tae-yong Disorot usai Timnas Indonesia Dibantai Libya, Indra Sjafri Pasang Badan

Jum'at, 05 Januari 2024 - 04:04 WIB
loading...
Shin Tae-yong Disorot usai Timnas Indonesia Dibantai Libya, Indra Sjafri Pasang Badan
Shin Tae-yong Disorot usai Timnas Indonesia Dibantai Libya, Indra Sjafri Pasang Badan. Foto: PSSI
A A A
JAKARTA - Tim Nasional (Timnas) Indonesia dibantai Libya dalam laga uji coba jelang Piala Asia 2023 . Direktur Teknik (Dirtek) PSSI, Indra Sjafri, memberi pembelaan kepada pelatih Timnas Indonesia, Shin Tae-yong.

Sebagaimana diketahui, Timnas Indonesia harus menelan kekalahan telak 0-4 dari Libya di Mardan Sports Complex, Turki, Selasa (2/1/2024). Pada laga tersebut, Shin Tae-yong bisa dibilang melakukan eksperimen.



Di mana, pelatih asal Korea Selatan itu memainkan formasi empat bek. Kemudian di babak kedua, dia mengubah kembali dengan memainkan tiga bek. Namun menariknya, Witan Sulaeman bermain di bek sayap kanan.

Kemudian juga performa beberapa pemain juga dirasa belum memuaskan. Seperti contohnya Justin Hubner yang melakukan kesalahan sehingga membuat Libya berhasil menjebol gawang Timnas Indonesia .

Menyoal Timnas Indonesia yang kena bantai Libya, Indra Sjafri pun mewajarinya. Pelatih asal Sumatera Barat itu mengatakan kalau eksperimen yang dilakukan Shin Tae-yong juga sah-sah saja lantaran itu adalah laga uji coba.

“Namanya uji coba, pasti ada hal-hal yang dicoba,” kata Indra Sjafri kepada awak media termasuk MNC Portal Indonesia, Kamis (4/1/2024).

Menurutnya, yang terpenting Timnas Indonesia bisa memberikan performa terbaik di Piala Asia 2023. Indra Sjafri juga mengatakan kalau kekalahan telak dari Libya cukup wajar karena banyak pemain yang masih beradaptasi. Menurutnya, Shin Tae-yong masih butuh waktu untuk membuat Skuad Garuda solid.

“Event resmi, itulah yang menjadi ukuran bahwa tim itu oke atau tidak oke,” ujarnya.

“Tapi di masa uji coba, apalagi ini sudah lama pemain-pemain tidak berkumpul dan banyak pemain-pemain baru, yang baru bergabung. Tentu coach Shin butuh waktu untuk bisa tim ini solid,” jelas Indra Sjafri.

Timnas Indonesia masih akan menjalani laga uji coba melawan Libya pada Jumat (5/1/2023). Setelah itu, Skuad Garuda lanjut menjalani uji coba dengan menantang Iran di Qatar pada Selasa (9/1/2024) mendatang.

Seperti diketahui, Piala Asia 2023 akan berlangsung di Qatar pada 12 Januari sampai 10 Februari 2024. Timnas Indonesia tergabung dalam grup D bersama Irak, Vietnam, dan Jepang.
(sto)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1334 seconds (0.1#10.140)