Waspadai Kurang Tidur di Usia 30-an, Bisa Pengaruhi Daya Ingat

Kamis, 04 Januari 2024 - 22:06 WIB
loading...
Waspadai Kurang Tidur di Usia 30-an, Bisa Pengaruhi Daya Ingat
Gangguan tidur pada usia 30-an dan 40-an dapat menyebabkan masalah kognitif di kemudian hari. Foto/ pinkvilla
A A A
JAKARTA - Gangguan tidur pada usia 30-an dan 40-an dapat menyebabkan masalah kognitif di kemudian hari. Hal ini berdasarkan penelitian di Universitas California, Weill Institute for Neurosciences, San Francisco.

Pada 2014, menurut Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit AS, sekira 5 juta orang dewasa Amerika berusia di atas 65 tahun hidup dengan demensia.



Bentuk paling umum dari demensia, penyakit Alzheimer, mewakili sekitar 60 hingga 80 persen kasus demensia, namun istilah ini juga menggambarkan serangkaian kondisi lain yang ditandai dengan gangguan kemampuan mengingat, berpikir dan mengambil keputusan.

Tidur diketahui memainkan peran penting dalam kesehatan otak. Banyak penelitian mengaitkan gangguan tidur dengan risiko lebih tinggi terkena demensia. Namun, sebagian besar penelitian hingga saat ini berfokus pada dampak gangguan tidur dan gangguan kognitif pada orang lanjut usia.

“Karena patologi penyakit Alzheimer mulai terakumulasi di otak bertahun-tahun sebelum timbulnya gejala, ada kemungkinan bahwa gangguan tidur yang teridentifikasi di usia lanjut—mendekati saat hilangnya ingatan menjadi jelas—sebenarnya merupakan konsekuensi dari patologi yang telah berkembang ini. diam-diam selama bertahun-tahun," kata Yue Leng, profesor psikiatri dari Universitas California, Weill Institute for Neurosciences di San Francisco.

Leng dan timnya kemudian memutuskan untuk mempelajari bagaimana gangguan tidur di usia 30-an dan 40-an dapat memengaruhi fungsi kognitif di kemudian hari.

“Mengingat masa penyakit Alzheimer yang panjang dan bebas gejala serta tingginya prevalensi masalah tidur, pemahaman tentang gangguan tidur pada usia paruh baya mempunyai implikasi kesehatan masyarakat yang signifikan,” katanya.

Dalam sebuah studi yang diterbitkan dalam jurnal Neurology, tim tersebut menilai 526 peserta yang telah menyelesaikan pemeriksaan tidur pada usia pertengahan 30-an dan 40-an antara 2003 dan 2005. Satu dekade kemudian, antara 2015 dan 2016, kelompok yang sama menjalani serangkaian tes tidur. pemeriksaan untuk menguji fungsi kognitif mereka.

Para peneliti membagi kualitas tidur peserta menjadi tiga kelompok berdasarkan seberapa terfragmentasinya tidur mereka.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.4974 seconds (0.1#10.140)