Shin Tae-yong: Stop Bandingkan Pemain Lokal dan Keturunan di Timnas Indonesia

Jum'at, 05 Januari 2024 - 07:02 WIB
loading...
Shin Tae-yong: Stop Bandingkan Pemain Lokal dan Keturunan di Timnas Indonesia
Shin Tae-yong meminta penggemar pengamat maupun pengkritik Timnas Indonesia untuk stop membandingkan pemain lokal dan keturunan / Foto: (@shintaeyong7777)
A A A
Shin Tae-yong meminta penggemar pengamat maupun pengkritik Timnas Indonesia untuk stop membandingkan pemain lokal dan keturunan. Menurutnya, semua pemain memiliki tujuan yang sama untuk Timnas Indonesia.

Shin Tae-yong menegaskan semua pemain yang berada di skuadnya saat ini sudah seperti keluarga. Mereka juga punya satu tujuan yang sama yakni memberikan yang terbaik untuk Timnas Indonesia dan rakyat.

"Mari hentikan membandingkan pemain lokal dan pemain keturunan. Kita semua di sini adalah satu keluarga dengan satu impian, yaitu memberikan yang terbaik untuk timnas dan rakyat Indonesia," kata Shin dikutip dari akun Instagram resminya (@shintaeyong7777), Jumat (5/1/2024).



"Tidak masalah dari mana asal-usul kami, karena kami selalu bersatu, baik di dalam maupun di luar lapangan. Saat tim kami mengalami kekalahan, kita semua merasakannya, dan saat tim menang, itulah kemenangan bagi kita semua," sambungnya menegaskan.

Shin Tae-yong: Stop Bandingkan Pemain Lokal dan Keturunan di Timnas Indonesia

Foto: Instagram Asnawi Mangkualam (@asnawi_bhr)

Senada dengan Shin Tae-yong, Asnawi Mangkualam juga menyerukan hal serupa. Mantan pemain PSM Makassar itu mengatakan, para penggemar hanya harus fokus mendukung Skuad Garuda di Piala Asia 2023.

"Sebagai pemain, mengenakan jersey ‘Merah Putih’ bukan hanya kebanggaan, tetapi juga suatu kehormatan bagi kami. Mari bersama-sama, dukung, dan support kami dengan penuh semangat di Piala Asia 2024 (2023)," tutur Asnawi dalam unggahannya di Instagram (@asnawi_bhr).



Seperti diketahui, belakangan banyak penggemar maupun pengamat yang membandingkan pemain lokal dan keturunan. Diskusi publik yang tercipta terkadang bukan mencari solusi, tetapi malah terkesan ‘menyiram bensin ke api’.

Tak ayal, Shin dan Asnawi akhirnya buka suara mengenai masalah ini agar tidak menjadi berlarut-larut. Sementara itu, Timnas Indonesia saat ini sedang melangsungkan pemusatan latihan (TC) sebelum Piala Asia 2023.

TC tersebut digelar di Turki mulai dari 20 Desember 2023 lalu. Tak hanya berlatih, Skuad Garuda juga melakoni tiga pertandingan uji coba, yakni dua kali melawan Libya (2 dan 5 Januari 2024), dan satu kali melawan Iran (9 Januari 2024).

Timnas Indonesia sendiri akan tergabung bersama Jepang, Irak, dan Vietnam di Grup D Piala Asia 2023. Pada laga pertama, Skuad Garuda akan berhadapan dengan Irak di Stadion Ahmad bin Ali, Ar-Rayyan, Qatar pada Senin (15/1/2024) mendatang.
(yov)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1131 seconds (0.1#10.140)