Perbandingan Jet Tempur F-16 Viper vs Eurofighter Typhoon, Mana Lebih Canggih?

Senin, 08 Januari 2024 - 13:30 WIB
loading...
Perbandingan Jet Tempur F-16 Viper vs Eurofighter Typhoon, Mana Lebih Canggih?
Perbandingan jet tempur F-16 Viper dan Eurofighter Typhoon penting dipahami. Foto: ist
A A A
JAKARTA - Perbandingan jet tempur F-16 Viper dengan Eurofighter Typhoon menjadi pembahasan menarik untuk disimak. Tak bisa diremehkan, keduanya diketahui memiliki kemampuan mumpuni saat diterjunkan.

Seiring waktu, negara-negara terus meningkatkan kekuatan militernya. Tak hanya melalui kualitas tentara saja, mereka juga menyematkan banyak persenjataan mumpuni untuk mendukung daya tempurnya.

Melihat sekian banyak persenjataan militer, salah satu yang menarik perhatian adalah jet tempur. Dari berbagai contoh, bisa disebutkan misalnya seperti F-16 Viper dan Eurofighter Typhoon.

Berikut perbandingannya yang bisa diketahui:

Perbandingan Jet Tempur F-16 Viper vs Eurofighter Typhoon

1. F-16 Viper
Perbandingan Jet Tempur F-16 Viper vs Eurofighter Typhoon, Mana Lebih Canggih?

F-16 Viper merupakan pesawat tempur multi peran generasi keempat dari F-16 Fighting Falcon besutan Lockheed Martin. Mengutip laman Airforce Technology, varian Viper ini dibekali banyak kemampuan canggih untuk mendukung fungsinya dalam misi.

Pengembangan F-16 Viper dilakukan sekitar tahun 2012. Waktu itu, Lockheed Martin menerima kontrak dari pemerintah Amerika Serikat untuk memberikan peningkatan kepada jet tempur F-16A/B yang sebelumnya dipakai Taiwan.

Pada perancangannya, F-16 Viper ditujukan untuk berbagai peran atau misi. Di antaranya seperti pengepungan pertahanan udara musuh, dukungan serangan udara ke darat hingga misi pelarangan maritim.

Beralih menuju kemampuan, salah satu peningkatan jet tempur ini dibandingkan pendahulunya bisa dilihat dari penyematan radar canggih. F-16 Viper memakai Active Electronically Scanned Array (AESA), radar yang dapat dikendalikan secara otomatis dan punya jangkauan luas.

Rudal tersebut diklaim mampu mendeteksi target dalam segala kondisi cuaca. Selain itu, jet tempur F-16 juga dilengkapi sistem avionik canggih hingga navigasi GPS yang presisi.

Pada bagian mesin, varian standar dari F-16 Viper ditenagai turbofan Pratt & Whitney F100-PW-229 atau General Electric F110-GE-129. Bekal tersebut mampu membawanya mencapai kecepatan hingga Mach 2.

Sementara untuk persenjataan, F-16 Viper bisa membawa berbagai rudal udara. Beberapa di antaranya seperti AIM-9 Sidewinder, Magic II, AIM-7, Sky Flash, dan lainnya.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.0881 seconds (0.1#10.140)