Daftar Prestasi Franz Beckenbauer, Bek Legendaris Jerman yang Meninggal di Usia 78 Tahun

Selasa, 09 Januari 2024 - 06:49 WIB
loading...
Daftar Prestasi Franz Beckenbauer, Bek Legendaris Jerman yang Meninggal di Usia 78 Tahun
Daftar Prestasi Franz Beckenbauer, Bek Legendaris Jerman yang Meninggal di Usia 78 Tahun. Foto: Kolase
A A A
Hari ini, dunia sepak bola kehilangan salah satu legenda terbesarnya, Franz Beckenbauer, yang meninggal dunia pada usia 78 tahun. "Der Kaiser" atau sang kaisar, begitu dia akrab disapa, meninggalkan warisan gemilang yang mencakup dua peran utama dalam dunia sepak bola sebagai pemain dan pelatih.

Sebagai pemain, Beckenbauer memimpin timnas Jerman Barat meraih sukses besar pada tahun 1970-an. Puncaknya adalah ketika Jerman Barat memenangkan Piala Eropa pada tahun 1972 dan Piala Dunia FIFA pada tahun 1974 di Jerman, yang mana Beckenbauer memainkan peran sentral sebagai bek tengah dan kapten. Keunggulan taktis dan kepemimpinannya yang karismatik menjadikannya figur ikonik dalam sejarah sepak bola Jerman.



Prestasinya tidak berhenti di level internasional, karena Beckenbauer juga mencatat sejumlah gelar juara dengan Bayern Muenchen. Selama kariernya di klub, ia memenangkan tiga trofi UEFA Champions League, lima gelar Bundesliga, empat piala DFB, satu piala Winners UEFA, dan satu Piala Interkontinental. Keahliannya sebagai bek tengah yang cerdas dan penguasaan bola yang luar biasa membuatnya dihormati oleh rekan-rekan setim dan lawan-lawannya.

Setelah pensiun sebagai pemain, Beckenbauer melanjutkan warisannya sebagai pelatih kepala. Puncaknya datang pada Piala Dunia 1990 di Italia, di mana Jerman Barat yang diasuhnya meraih gelar juara dengan mengalahkan Argentina di final. Ini menjadikan Beckenbauer sebagai satu-satunya individu yang memenangkan Piala Dunia sebagai pemain dan pelatih kepala. Keberhasilan ini menunjukkan visinya yang mendalam tentang sepak bola dan kemampuannya membawa kelompok pemain menjadi juara.

Selain itu, Beckenbauer pernah menjadi penerima Ballon d'Or sebanyak dua kali, pada tahun 1972 dan 1976, mencerminkan penghargaan atas kontribusinya yang luar biasa dalam dunia sepak bola. Nama Franz Beckenbauer akan selalu diingat sebagai salah satu tokoh paling berpengaruh dan berprestasi dalam sejarah sepak bola, mewakili keunggulan dan kecemerlangan dalam setiap langkah perjalanan kariernya.

Daftar Prestasi
Daftar Prestasi Franz Beckenbauer, Bek Legendaris Jerman yang Meninggal di Usia 78 Tahun
(sto)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1166 seconds (0.1#10.140)