Tim Bola Basket Disabilitas Sambut Positif Fitur Khusus Garmin

Selasa, 09 Januari 2024 - 19:40 WIB
loading...
Tim Bola Basket Disabilitas Sambut Positif Fitur Khusus Garmin
Tim Bola Basket Disabilitas Sambut Positif Fitur Khusus Garmin. Foto: Garmin
A A A
JAKARTA - Pelatih Jakarta Swift Wheelchair Basketball, Salim Nurjadin menyambut positif kerja sama dengan Garmin . Sebab, Garmin memiliki fitur khusus untuk pengguna kursi roda.

Garmin secara resmi mengumumkan kolaborasi dengan klub basket disabilitas, Jakarta Swift Wheelchair Basketball pada Selasa (9/1/2024). Dalam kerja sama tersebut Garmin bertujuan untuk kesempatan kepada atlet disabilitas dan mendorong pertumbuhan olahraga bola basket kursi roda di Indonesia.

Setiap Desember, Garmin memiliki program 'Give A Garmin' yang menawarkan diskon untuk beberapa produk smartwatch Garmin. Sementara hasil penjualan di program Give A Garmin pada Desember 2023 disumbangkan ke Jakarta Swift Wheelchair Basketball.



Sebagai bentuk dukungan kepada Jakarta Swift Wheelchair Basketball, Garmin memberikan uang tunai sebesar Rp100 juta serta smartwatch vivoactive 5 terbaru. Produk tersebut memiliki fitur khusu, yakni mode kursi roda yang dapat melacak metrik pengguna kursi roda seperti dorongan harian jarak, kecepatan, pukulan, dan detak jantung.

Fitur tersebut pun hanya ada di Garmin Venue 3 dan vivoactive 5. Fitur khusus tersebut memungkinkan atlet kursi roda memantau performa dan berlatih dengan lebih efektif.

Salim Nurjadin mengucapkan terima kasih kepada Garmin yang telah memilih Jakarta Swift Wheelchair Basketball, karena membantu pelatih dalam menentukan pemain untuk tampil di kompetisi dengan adanya fitur kursi roda. Ia pun berharap teknologi tersebut bisa mendukung prestasi bola basket kursi roda di Indonesia.

"Terima kasih banyak kepada Garmin sudah memilih Jakarta Swift Wheelchair Basketball dan ini bukan hanya semata-mata untuk Jakarta Swift Wheelchair Basketball. Kemarin kita sempat diberikan kesempatan untuk menggunakan vivoactive 5," kata Salim Nurjadin di Walking Drums, Selasa (9/1/2024).
Tim Bola Basket Disabilitas Sambut Positif Fitur Khusus Garmin

"Untuk dipertandingan mungkin tidak bisa digunakan, tepai selama latihan bisa sebagai melihat hasil terutama untuk melihat persiapan kejuaran-kejuaraan, ini sangat penting untuk menentukan roster. Kedepannya dengan adanya teknologi luar biasa ini bisa digunakan untuk mendukung prestasi bola basket kursi roda di Indonesia," ujarnya.

Lebih lanjut, Salim Nurjadin menjelaskan produk Garmin vivoactive 5 membatu salah satu atlet di Jakarta Swift Wheelchair Basketball yang memiliki penyakit autoimun. Menurutnya Garmin memiliki teknologi akurasi yang bagus, sehingga memudahkan tim pelatih untuk melihat kondisi atlet tersebut yang memiliki tekad untuk bisa berprestasi.

"Kedatangan vivoactive 5 bisa membantu salah satu atlet yang memiliki penyakit auto imun, jadi beliau ini seperti bisa 'mati suri' dan sebelum beliau masuk ke Jakarta Swift Wheelchair Basketball, saya sempat meminta rekomendasi dokter dulu dan dokter memberikan izin dengan syarat menggunakan smartwatch yang bisa hotrac. Dengan adanya vivoactive 5, saya bisa lihat dengan akurasi teknologinya yang mungkin belum ada di brand lain mungkin akurasinya sangat penting untuk atlet ini," jelasnya.

Marketing Communication Manager Garmin Indonesia, Chandrawidhi Desideriani mengungkapkan alasan memilih berkolaborasi dengan Jakarta Swift Wheelchair Basketball. Menurutnya Jakarta Swift Wheelchair Basketball merupakan klub bola basket kursi roda pertama di Tanah Air serta melahirkan atlet-atlet yang memberikan prestasi kepada Timnas Bola Basket Kursi Roda Indonesia.

“Garmin melihat olahraga untuk atlet penyandang disabilitas belum banyak mendapatkan perhatian. Melalui kemitraan dengan Jakarta Swift Wheelchair Basketball, kami berharap dapat memberdayakan anggota yang juga para atlet, serta meningkatkan kesadaran masyarakat tentang bola basket kursi roda. Kami berharap dapat terus menginspirasi banyak orang untuk menjalani gaya hidup aktif dan berprestasi walaupun dalam keterbatasan,” ujarnya.

Jakarta Swift Wheelchair Basketball memiliki 30 anggota dan empat diantaranya merupakan atlet nasional. Sementara Timnas Basket Kursi Roda Indonesia sempat memberikan medali perunggu di ASEAN Para Games (APG) Solo 2022.
(sto)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.0996 seconds (0.1#10.140)