Capres Anti-China Memimpin Sementara dalam Penghitungan Suara Pemilu di Taiwan

Sabtu, 13 Januari 2024 - 19:01 WIB
loading...
Capres Anti-China Memimpin Sementara dalam Penghitungan Suara Pemilu di Taiwan
Capres anti-China di Taiwan, William Lai, unggul dalam penghitungan suara pemilu presiden. Foto/Reuters
A A A
TAIPEI - Calon presiden (capres) Partai Demokratik Progresif (DPP) William Lai memimpin perolehan suara pada perhitungan suara pada pemilu presiden di Taiwan . Lai dikenal sebagai kandidat dari partai berkuasa yang dikenal anti-China.

BBC melaporkan, penghitungan resmi dari Komisi Pemilihan Umum Pusat jauh lebih lambat. Sejauh ini mereka baru menghitung sekitar tiga hingga empat juta suara.

Menurut hitungan itu: William Lai dari DPP yang berkuasa mendapat 42% suara dan oposisi utama, Hou Yu-ih dari KMT, mendapat 33% suara.

Jadi menurut penghitungan resmi, Lai lebih unggul dibandingkan penghitungan tidak resmi yang dikutip oleh media. Tentu saja, mereka menghitung suara jauh lebih sedikit – dibandingkan dengan angka tidak resmi – namun ia jauh memimpin.



Jika William Lai mempertahankan margin ini melalui penghitungan resmi, maka ia unggul 9% - ini akan berarti kemenangan besar bagi DPP yang berkuasa. Dan itu juga untuk masa jabatan ketiga berturut-turut, yang akan menjadi bersejarah.

Jika hal itu terjadi, dan ia menang dengan selisih yang begitu besar, maka hal tersebut merupakan penolakan mutlak terhadap tekanan dari Beijing dan propaganda terhadap Lai, yang mereka sebut sebagai "pembuat onar terus menerus".

Siapa pun yang terpilih sebagai presiden Taiwan berikutnya akan menjalin hubungan baik dengan Beijing maupun Washington. Pulau ini merupakan titik konflik utama dalam perebutan kekuasaan di wilayah ini.

Beijing telah lama mengklaim pulau tersebut, namun hubungan keduanya memburuk dalam beberapa tahun terakhir di bawah kepemimpinan Presiden Tsai Ing-wen dan Partai Progresif Demokratik.

China telah meningkatkan tekanan militer di pulau itu selama setahun terakhir dengan jumlah serangan yang mencapai rekor tertinggi.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1052 seconds (0.1#10.140)