Terekam Kamera, Ini Penampakan Paus Paling Langka di Dunia

Sabtu, 13 Januari 2024 - 19:15 WIB
loading...
Terekam Kamera, Ini Penampakan Paus Paling Langka di Dunia
Paus Omura muncul di area lepas pantai Thailand. (Foto: Daily Mail)
A A A
JAKARTA - Paus paling langka di dunia berhasil direkam dalam dokumentasi film untuk kali kedua dalam sejarah. Rekaman kali ini diambil di area lepas pantai Thailand.

Sekelompok turis di kapal sewaan di dekat Phuket melihat makhluk putih misterius tersebut saat sedang berlibur pada Tahun Baru 2024 lalu. Mereka merekam sepasang paus langka Omura yang berenang bersama di Laut Andaman. Rekaman tersebut dibagikan kepada pejabat dan organisasi konservasi lingkungan ThaiWhales.

Kelompok tersebut, dilansir Dailymail, Sabtu (13/1/2024) mengunggah video di Facebook pada 5 Januari 2024 dan menyebutnya sebagai 'laporan luar biasa' yang merupakan 'penemuan laut yang pertama dan menarik'.

Video menunjukkan makhluk berwarna putih tersebut berenang di sepanjang kapal sewaan sementara para wisatawan menyaksikannya dengan kagum. "Wow," terdengar seseorang berkata. Sementara orang lain berkata,"Oh Tuhan!"

"Ini kali pertama seekor paus Omura berwarna putih ditemukan di Thailand," kata Thon Thamrongnawasawat dari ThaiWhales.



Makhluk berwarna putih tersebut dilaporkan kepada Departemen Sumber Daya Kelautan dan Pesisir Thailand, yang kemudian meluncurkan pencarian untuk hewan unik tersebut.

Setelah beberapa hari pencarian, pejabat mengatakan mereka tidak menemukannya, tetapi telah melihat setidaknya empat paus Omura lainnya di daerah tersebut. Mereka berenang dan makan di sekitar Kepulauan Phi Phi, Pulau Honeymoon, dan Pulau Coral.



Menurut para ahli dari Whale and Dolphin Conservation, Paus Omura sejenis spesies terbaru dari mamalia. Omura pertama kali terlihat pada 2003 dalam bentuk bangkai sebelum pertama kali ditemukan hidup pada 2015. Makhluk ini memiliki tubuh panjang dan ramping yang membuatnya terlihat 'seperti ular' dan sirip punggung mereka 'kecil dan sangat melengkung atau bengkok'.



Paus Omura juga memiliki satu punggung di bagian depan kepala mereka dan dapat tumbuh hingga 40 kaki panjangnya dan beratnya bisa mencapai 22 ton. Mereka biasanya mendiami laut tropis dan hangat.

Tentang paus Omura begitu sedikit yang diketahui sehingga para ilmuwan belum yakin berapa banyak yang ada dan masih belajar tentang distribusi mereka, ukuran populasi, dan kemungkinan variasi penampilan.
(msf)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1228 seconds (0.1#10.140)