alexametrics

Jelang Grand Prix Austin 2018

Tiga Peristiwa yang Pernah Mengundang Perhatian di GP Austin

loading...
Tiga Peristiwa yang Pernah Mengundang Perhatian di GP Austin
Grand Prix Austin selalu menghadirkan cerita yang sangat menyita perhatian penikmat MotoGP di seluruh dunia / Racingcircuits
A+ A-
AUSTIN - Grand Prix Austin selalu menghadirkan cerita yang sangat menyita perhatian penikmat MotoGP di seluruh dunia. Ada beberapa momen yang tentunya masih terpatri dalam ingatan penggemar, salah satunya ketika Marc Marquez berhasil mengukuhkan namanya sebagai pembalap termuda (20 tahun dan 63 hari) dalam sejarah MotoGP yang meraih kemenangan di Circuit of The Americas (CoTA) pada 2013.

Marquez pun berhasil mengalahkan catatan yang dipegang Freddie Spencer (20 tahun-153 hari) pada 1982. Sejak saat itu The Baby Alien dikenal sebagai raja sirkuit di Negeri Paman Sam lantaran pemilik nomor 93 itu kerap merebut kemenangan di sana.

Sejak tampil di kejuaraan grand prix balap motor pada 2008, Marquez tak pernah kehilangan momentum untuk mengambil tempat di podium pertama. Total, pembalap Spanyol itu telah mengumpulkan sembilan balapan terakhir di Austin maupun Indianapolis. (Baca juga: Jika Podium Pertama di Austin, Marquez Bakal Juara Dunia)

Tidak hanya Marquez saja yang memiliki kenangan manis selama mengaspal di CoTA. Ada beberapa momen mengesankan yang tampaknya sulit terlupakan.

Berikut 3 Peristiwa yang Pernah Mengundang Perhatian Penggemar di GP Austin:



1. Jump Start

Kesalahan mencuri start bisa dilihat wajar apabila dilakukan oleh para pembalap pemula yang belum berpengalaman. Tetapi hal ini tentu cukup mengagetkan ketika mencuri start justru dilakukan Lorenzo yang notabene merupakan seorang juara dunia.

Kejadian yang menimpa Lorenzo terjadi di GP Austin pada 2014 lalu. Sontak, peristiwa itu menjadi bahan tertawaan penikmat MotoGP. Mungkin lantaran tekanan yang begitu tinggi dia sampai kebablasan memacu motornya sebelum lampu hijau menyala.

Ketika saya melihat lampu merah menyala, saya seperti banteng dan mulai memutuskan untuk melepas kopling dan di saat itu saya melakukan jump start. Saya membuat awal terbaik dari hidup saya! Tapi itu ilegal jadi saya harus masuk pit dan membayar denda," kata Lorenzo, saat itu.

2. Ganti Motor


Pembalap Repsol Honda, Marc Marquez berhasil meraih pole position di Austin. Tapi keberhasilannya menjadi pembalap tercepat di sesi kualifikasi bukan hal yang mudah didapat.

Pasalnya, saat menjalani balapan motor Si Bayi Alien mengalami masalah dan ia terpaksa memarkir motornya di pinggir trek. Pembalap Repsol Honda itu pun lantas berlari ke pit untuk berganti motor. (Baca juga: Ganti Motor, Marquez Rebut Pole Position di Austin)

3. Pedrosa Seruduk Dovizioso

Andrea Dovizioso sepertinya tidak ingin kejadian menyakitkan yang terjadi pada 2016 di GP Austin kembali terulang pada tahun ini. Maklum, saat itu pembalap Ducati Corse gagal mendulang poin maksimal setelah Dani Pedrosa menyeruduknya di putaran ketujuh.
(nug)
preload video
KOMENTAR (pilih salah satu di bawah ini)
  • Disqus
  • Facebook
loading gif
Top
Aktifkan notifikasi browser anda untuk mendapatkan update berita terkini SINDOnews.
Aktifkan
Tidak