Jadi Penguasa Baru Denmark, Raja Frederik dan Ratu Mary Ciuman di Depan Rakyat

Senin, 15 Januari 2024 - 13:45 WIB
loading...
Jadi Penguasa Baru Denmark, Raja Frederik dan Ratu Mary Ciuman di Depan Rakyat
Raja Frederik X dan istrinya, Ratu Mary, resmi menjadi penguasa baru Kerajaan Denmark setelah dinobatkan oleh Perdana Menteri Mette Frederiksen. Foto/REUTERS
A A A
COPENHAGEN - Raja Frederik X dan istrinya, Ratu Mary, resmi menjadi penguasa baru Kerajaan Denmark setelah dinobatkan oleh Perdana Menteri Mette Frederiksen pada hari Minggu.

Pasangan penguasa baru itu berciuman di atas balkon Istana Christiansborg yang disaksikan ribuan rakyat Denmark dalam perayaan pemerintahan baru.

PM Frederiksen membacakan proklamasi sebanyak tiga kali, yang merupakan tradisi, sementara Raja Frederik berdiri di sampingnya dengan mengenakan seragam militer seremonial yang dihiasi medali.

Frederiksen kemudian bergabung di balkon dengan Ratu Mary—perempuan kelahiran Australia—, dan keempat anak pasangan tersebut.



Penonton secara spontan menyanyikan lagu kebangsaan.

Frederik naik takhta sebagai raja baru Denmark setelah ibunya, Ratu Margrethe II, secara resmi menandatangani pengunduran dirinya.

Ratu Margrethe II tercatat sebagai penguasa Kerajaan Denmark pertama yang secara sukarela melepaskan takhtanya dalam hampir 900 tahun terakhir.

Ribuan orang berkumpul di luar istana tempat suksesi kerajaan berlangsung. Negara Nordik ini mengalami suksesi kerajaan pertamanya dalam lebih dari setengah abad, dan suksesi tersebut bukan disebabkan oleh kematian seorang raja atau pun ratu.

Mengenakan pakaian magenta, Margrethe menandatangani pengunduran dirinya saat pertemuan dengan Kabinet Denmark di Istana Christiansborg.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.0791 seconds (0.1#10.140)