Hitung-hitungan Peluang Timnas Indonesia Lolos 16 Besar Piala Asia 2023 Lewat Peringkat 3 Terbaik

Selasa, 16 Januari 2024 - 12:46 WIB
loading...
Hitung-hitungan Peluang Timnas Indonesia Lolos 16 Besar Piala Asia 2023 Lewat Peringkat 3 Terbaik
Bagaimana melihat peluang Timnas Indonesia di Piala Asia 2023 usai dikalahkan Irak pada laga pembuka Grup D? / Foto: PSSI
A A A
Timnas Indonesia telah memulai perjalanannya di Piala Asia 2023 , Senin (15/1/2024). Pada laga perdananya di Grup D kontra Irak, Skuad Garuda harus tumbang dengan skor akhir 1-3.

Kekalahan tersebut sebenarnya bukan hasil yang diinginkan Timnas Indonesia. Awalnya, Shin Tae-yong mematok target satu poin dalam laga melawan Irak untuk menjaga asa lolos ke babak 16 besar Piala Asia 2023.

Peluang bagi Timnas Indonesia untuk lolos 16 besar memang masih terbuka. Namun, kekalahan dari Irak di laga perdana membuat Shin Tae-yong harus mulai berhitung ulang terkait kans lolos menuju 16 besar.



Peluang Lolos 16 Besar Timnas Indonesia di Piala Asia 2023 Lewat Peringkat 3 Terbaik

Berbekal kekalahan 1-3 dari Irak, Timnas Indonesia saat ini menjadi juru kunci Grup D. Kendati begitu, sebenarnya masih terbuka peluang lolos bagi Asnawi Mangkualam dkk ke fase 16 besar.

Sebagai informasi, peserta yang lolos 16 besar Piala Asia 2023 tidak hanya diambil dari juara grup dan runner up saja. Nantinya, bakal ada 4 slot tersisa yang diperebutkan melalui jalur peringkat 3 terbaik.

Melihat kondisi, jalur juara grup maupun runner-up mungkin akan sangat sulit dicapai Timnas Indonesia. Sehingga Shin Tae-yong bisa mulai menghitung peluang lolos lewat jalur peringkat tiga terbaik.



Ada beberapa skema yang bisa dilakukan untuk menjaga asa lolos lewat peringkat tiga terbaik. Pertama, skuad Garuda harus meraih poin saat berjumpa Vietnam dan Jepang. Sebagai contoh, katakanlah Timnas Indonesia menang dari Vietnam dan imbang dengan Jepang.

Jika skenario tersebut berjalan, Timnas Indonesia punya torehan 4 poin. Angka ini setidaknya terbilang cukup bagus untuk bersaing memperebutkan posisi tiga terbaik.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1478 seconds (0.1#10.140)