Update Ranking Dunia Usai Malaysia Open 2024: Fajar/Rian Melorot

Selasa, 16 Januari 2024 - 22:04 WIB
loading...
Update Ranking Dunia Usai Malaysia Open 2024: Fajar/Rian Melorot
Dalam pembaruan pemeringkatan itu, posisi Fajar Alfian/Muhammad Rian Ardianto melorot / Foto: PBSI
A A A
Federasi Bulu Tangkis Dunia ( BWF ) telah merilis update ranking dunia usai turnamen Malaysia Open 2024, Selasa (16/1/2024). Dalam pembaruan pemeringkatan itu, posisi Fajar Alfian/Muhammad Rian Ardianto melorot.

Turnamen Malaysia Open 2024 telah selesai diselenggarakan pada 14 Januari 2024 lalu. Dalam ajang berlevel Super 1000 itu, tidak ada wakil Indonesia yang berhasil mendapatkan gelar juara, bahkan mencapai final.

Fajar/Rian, yang terhenti pada babak perempat final turnamen itu harus puas turun satu peringkat di ranking dunia. Jawara All England 2023 itu kini duduk di peringkat ketujuh dunia dengan perolehan 81.429 poin, digeser Takuro Hoki/Yugo Kobayashi (Jepang) yang mencapai semifinal di Malaysia Open 2024.



Ganda putra lainnya seperti Mohammad Ahsan/Hendra Setiawan, Leo Rolly Carnando/Daniel Marthin, dan Bagas Maulana/Muhammad Shohibul Fikri tetap pada ranking yang sama seperti sebelumnya. Ketiga ganda putra itu diketahui sama-sama gagal mencapai babak perempatfinal Malaysia Open 2024.

Beralih ke sektor tunggal putra, ranking Jonatan Christie dan Anthony Sinisuka Ginting juga tidak mengalami perubahan. Anthony berada di peringkat empat dunia, sedangkan Jojo -sapaan akrab Jonatan Christie- tetap pada urutan kelima dunia.

Pada sektor tunggal putri, Gregoria Mariska Tunjung yang terhenti di babak perempatfinal Malaysia Open 2024 tetap pada peringkat tujuh dunia. Sementara, Putri Kusuma Wardani yang tersingkir di babak 32 besar justru naik satu tingkat. Dia kini menduduki peringkat ke-31 dunia dengan perolehan 39,470 poin.


Berbicara soal sektor ganda putri, tidak ada wakil Indonesia di Malaysia Open 2024. Sejatinya, Tim Merah-Putih mengirim dua wakil, Apriyani Fadia/Siti Fadia Silva Ramadhanti dan Lanny Tria Mayasari/Ribka Sugiarto, namun keduanya mundur sebelum turnamen dimulai.

Apriyani/Fadia mengalami penurunan tiga peringkat dari sebelumnya. Kini, mereka duduk di peringkat kesembilan dunia dengan perolehan 74,993 poin. Sedangkan, Lanny/Ribka merosot satu tingkat ke ranking 31 dunia.

Sementara itu, sektor ganda campuran mengalami perubahan posisi paling mencolok. Tiga wakil ganda campuran Indonesia di Malaysia Open 2024, Rinov Rivaldy/Pitha Haningtyas Mentari, Dejan Ferdinansyah/Gloria Emanuelle Widjaja, dan Rehan Naufal Kusharjanto/Lisa Ayu Kusumawati sama-sama merosot.

Dejan/Gloria merosot empat tingkat menjadi ranking 18 dunia. Sedangkan, Rinov/Pitha, dan Rehan/Lisa sama-sama turun satu tingkat menjadi ranking 19 dan 20 dunia usai mengikuti turnamen Malaysia Open 2024.
(yov)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2502 seconds (0.1#10.140)